Kapolda Tatar Polisi Baru

by -

*Gaji Kecil, Berinvestasilah Sesuai Kantong

PANGKALPINANG – Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigjen Anton Wahono memberi arahan dan pencerahan kepada 122 brigadir remaja (polisi baru), kemarin.   Sebagai komandan tertinggi Anton mengingatkan setiap anggota harus disiplin terutama mulai saat apel pagi. “Saya selaku Kapolda juga ikut apel pagi setiap hari. Jam 06.45 wib.  Kalau anda disiplin, akan muncul karakter dan kepribadian yang baik. Pertahankan dan rawat disiplin hingga akhir,  sehingga saat pensiun, selamat tidak alami cacat,” kata Anton.

Dari kedisiplinan yang tinggi maka pelayanan akan dapat dengan baik diterima masyarakat.  Pelayanan yang baik kata Anton harus diterima masyarakat. “Jika saat bertugas berikan pelayanan terbaik.  Jikalau tidak  bahkan melanggar maka bisa  divideokan serta diviralkan oleh masyarakat, maka akan berpengaruh pada citra Polri secara keseluruhan, dan tentu juga berpengaruh pada karier anda,” ingat jenderal bintang satu.

Namun di tengah perjalanan dikatakan Anton menjadi seorang polisi kerap diuji terutama soal pengelolaan gaji. Soal mengelola gaji dikatakanya harus bisa disiasati dengan berinvestasi yang jitu tanpa menyiksa kantong buat pusing kepala.   “Berinvestasilah yang sangat bermanfaat. Budaya Brigadir yang baru itu biasanya kredit motor seperti motor Ninja yang nilainya sekitar Rp 60 juta bahkan lebih dengan kredit misalnya selama 5 thn. 5 tahun ke depan nilai motor itu jatuh,” ucapnya.

“Tapi kalau Anda beli tanah atau rumah secara kredit selama 10 tahun sebesr Rp 120 juta misalnya, maka 10 tahun ke depan nilai tanah atau rumah akan berlipat lipat. Tapi ingat, itu hrs sesuai kemampuan anda,” sebutnya.

Diingatkanya juga jangan sampai kredit untuk beli sesuatu, tapi sisa gaji tidak mencukupi kebutuhan sehari hari, maka anda akan berusaha nutupi kekurangannya. Bahanya sehingga dalam bekerja tidak berorientasi pada pelayanan, tapi berusaha untuk menutupi kekurangan tersebut. “Untuk itu hindari investasi yang tidak bermanfaat. Berinvestasi lah yang sangat bermanfaat dan tidak mengganggu kinerja,” tambahnya. (eza)