Kapolres Beltim Turunkan Personil Razia Premanisme

by -
Kapolres Beltim Turunkan Personil Razia Premanisme
Salah satu kegiatan razia aksi premanisme di tempat rawan yang dilaksanakan jajaran Polres Beltim. (Ist)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Perintah Kapolri terkait tindakan terhadap aksi premanisme langsung ditindaklanjuti Polres Beltim dengan menurunkan personilnya ke sejumlah lokasi, Senin (6/14). Adapun personil yang dilibatkan dalam razia terdiri dari satuan Samapta, Satuan Reskrim, Satintel dan Propam.

Razia menyasar tempat berpotensi premanisme seperti pelabuhan dermaga, pasar, pertokoan dan parkir liar. Dari hasil patroli dan pantauan lapangan, tidak ada ditemukan prilaku premanisme.

Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo, S.Ik mengatakan perintah Kapolri soal premanisme dimaksudkan untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah masing-masing, khususnya Belitung Timur yang masuk wilayah hukum Polres Beltim.

“Kami menindaklanjuti sesuai perintah pimpinan dengan meningkatkan patroli, meskipun untuk kriteria atau kategori yang dimaksud sampai saat ini, di Beltim tidak ditemukan,” ujar AKBP Jojo, Selasa (15/6) kemarin.

Namun AKBP Jojo menegaskan, ada atau tidak kriteria premanisme tetap tanggungjawab kamtibmas dilaksanakan. “Kita tetap mendukung dalam hal menjaga situasi kamtibmas dengan meningkatkan patroli di daerah tertentu supaya kita terhindar dari adanya aksi-aksi premanisme,” jelasnya.

Menurut AKBP Jojo, kepolisian tidak sendiri dalam memastikan kamtibmas tetapi ikut melibatkan semua pihak. Utamanya Pemerintah daerah yang diwakili Satpol PP selaku penegak Perda. “Kami himbau masyarakat apabila mengetahui informasi sekecil apapun agar segera melaporkan ke Polres atau Polsek terdekat,” katanya.

AKBP Jojo juga memastikan jajaran kepolisian akan selalu hadir dalam bentuk konsistensi memerangi setiap aksi premanismen yang menimbulkan keresahan masyarakat. Ia pun menitipkan nomor kontak call center 110 bagi masyarakat yang mengetahui aksi premanisme agar segera ditindaklanjuti.

“Apa bila masih ada aksi premanisme yang masih berkeliaran diluar sana yang menakuti bahkan mengintimidasi para korban. Kami Polres Belitung Timur akan menindaklanjuti dengan tegas aksi premanisme di wilayah Kabupaten Belitung Timur,” tukasnya. (msi)