Kapolres Dukung Pelestarian Terumbu Karang

by -

MANGGAR – Kapolres Belitung Timur (Beltim) AKBP Nugrah Trihadi S.ik mendukung pemerintah dalam rangka pelestarian Terumbu karang. Pasalnya, terumbu karang merupakan salah satu ekosistem yang penting di perairan pesisir karena sebagai tempat memijah, mengasuh, dan mencari makan bagi berbagai organisme, pelindung pantai dari abrasi, dan sumber bahan makanan dan obat-obatan bagi masyarakat pesisir.
“Terumbu Karang di perairan Beltim sangatlah indah, bahkan sangat indah dari semua dunia bawah laut yang sudah saya lihat, keindahan tersebut nampak terlihat didaerah pulau Memperak dan pulau Buku Limau,” ungkap Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi S.ik saat berbincang dengan Belitong Ekspres belum lama ini, sebelum pemberangkatan kesekian kalinya melakukan Diving dengan timnya.

Kecintaan dan hobi menyelam bagi Kapolres ini bukanlah hal yang baru, namun ini sudah lama di giatkannya. Diakuinya sejak dirinya menjadi anggota Polri hingga kini kecintaannya dengan alam bawah laut makin terasa.

Menurut Kapolres Beltim, di dunia pariwisata terumbu karang sangatlah diburu oleh pecinta selam. Tetapi bukan untuk merusak, melainkan untuk menikmati keindahan ekosistem terumbu karang tersebut.

Karang-karang yang berada seputaran pulau tersebut, terbilang masih terjaga kelestariannya. Setidaknya dengan kedalaman minimal dua meter hingga sekitar 20 meter, karang-karang masih bertebaran di dasat laut.
“Dari seluruh karang yang ada di Pulau Belitung ini, hanya karang di Pulau Memperak dan Pulau Buku Limau yang paling bagus karena masih terjaga kemurniannya,” ungkapnya sembari menunjukan video saat dirinya melakukan penyelaman beberapa waktu lalu. (feb)