Kapolres Gagas Apel Bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Untuk Menjaga Kekompakan dan Soliditas Antara TNI-Polri

MANGGAR-Kepolisian Resort Belitung Timur (Polres Beltim) menggelar apel bersama, dalam rangka pembinaan masyarakat Desa melalui kerjasama para Bhabinkamtibmas, Babinsa dan aparatur pemerintahan desa guna menciptakan kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Beltim. Kegiatan digelar di halaman Mapolres Beltim, Rabu (11/2) pagi kemarin. Apel diikuti anggota kepolisian, TNI Angkatan Darat, Satpol PP Beltim, Kepala Desa se Beltim dan pimpinan SKPD Pemerintah daerah Beltim.

Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi S.Ik selaku penggagas kegiatan yang kali pertamanya diadakan di Beltim, mengatakan, apel bersama dimaksudkan untuk menjaga kekompakan dan soliditas, antara TNI dan Polri agar berjalan dengan baik.

Dalam menjalin kekompakan tersebut, Kapolres Beltim bersama Dandim 0414 Belitung akan mengadakan pelatihan bersama di bidang pertanian, khususnya cara bercocok tanam.

“Bhabinkamtibmas kita sebanyak 39 personil dan disebar disetiap Desa. Untuk Babinsa ada sebanyak 35 personil dari TNI AD. Mereka harus kompak dilapangan,” ujar AKBP Nugrah kepada wartawan usai apel bersama, Rabu (11/2) kemarin.

Baca Juga:  Lahan Kritis di Beltim Capai 30 Ribu Hektar

AKBP Nugrah menekankan, keberadaan Bhabinkamtibmas bukan hanya membahas keamanan dan ketertiban masyarakat. Lebih dari itu, Bhabinkamtibmas dapat menjalankan fungsi lain seperti mengajak masyarakat memanfaatkan lahan-lahan yang kurang produktif.

“Sehingga nantinya lahan tersebut punya nilai ekonomis buat keluarga, tidak perlu beli atau impor dari luar. Tapi ada disekitar kita yang dihasilkan dari lahan sendiri,” jelasnya.

Kapolres menambahkan, peran dan fungsi tersebut, dapat bersinergi dengan Babinsa TNI AD dan aparatur pemerintahan desa. “Untuk Bhabinkamtibmas masih perlu upaya peningkatan kemampuan. Mereka harus memunculkan ide kreatif yang bisa membangun Desa,” harap Kapolres.

Senada disampaikan Dandim 0414 Belitung, Letkol (Inf) Marthen Verny Rorintulus. Menurutnya, kekompakan antara Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus diwujudkan dengan menghilangkan ego sektoral.

Baca Juga:  Rangkaian HBA, Kajari Beltim Gelar Lomba Pidato

“Tidak ada lagi bicara ego sektoral, ketika berbicara kepentingan yang lebih besar, ego sektoral harus dihilangkan. Intinya adalah bentuk sinergitas yang dibangun terutama Babinsa,” tegas Dandim.

“Bekerja dengan ikhlas biarlah Tuhan yang membalas. Kalau mengharapkan balasan dari sesama manusia, takutnya tidak dapat malah kecewa,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Beltim, Basuri T Purnama yang memimpin apel bersama kemarin, dalam sambutannya mengatakan, selain menjalankan tugas pokok sebagai anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa, dituntut pula untuk bekerjasama mengajak masyarakat Beltim.

“Harus bisa mengajak kerjasama masyarakat Beltim untuk lebih kreatif memanfaatkan lahan kosong atau lahan kritis untuk meningkatkan penghasilan yang dibutuhkan sehari-hari seperti tanaman palawija dan tanaman lainnya,” kata Basuri.

Basuri juga berpesan agar Bhabinkamtibmas dan Babinsa menjadi garda terdepan sebagai pengayom, pelindung masyarakat untuk menciptakan kamtibmas. Termasuk Babinsa sebagai tombak terdepan penjaga teritorial wilayah Desa. (feb)

Tags:
author

Author: