Kapolres Yakin Pemilukada Aman

by -

MANGGAR – Kapolres Belitung Timur (Beltim), AKBP. Nugrah Trihadi, S.Ik yakin Pemilukada Kabupaten Belitung Timur (Beltim), bisa berjalan aman dan damai tanpa gangguan apapun. Salah satunya, dibuktikan dengan pelaksanaan deklarasi damai di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang, beberapa waktu lalu yang dihadiri seluruh pasangan calon.

 

“Dari gambaran tersebut, saya berkeyakinan pemilukada bisa berjalan aman dan damai tanpa gangguan apapun. Sampai hari ini kondusif,” ungkap Nugrah, ketika membuka Silaturahmi Forkominda Beltim dengan pasangan calon Bupati/Wakil Bupati dan seluruh perangkat Pemerintah, TNI Polri, di ruang pertemuan aula Patriatama Polres Beltim, Rabu (16/9) kemarin.

 

Kapolres juga menambahkan, perangkat desa di seluruh wilayah Kabupaten Beltim telah bekerjasama dengan baik dalam membantu kepanjangan tangan institusi kepolisian di desa, yakni Bhabinkamtibmas. Ia menegaskan, atas dasar kerjasama yang terjalin maka Pemilukada di Beltim dapat berjalan aman dan kondusif.

 

“Perangkat Desa, kami ucapkan terima kasih atas kerjasama selama ini. Melalui Bhabin, kalau ada kekurangan adalah hal yang wajar, kami mencoba mengevaluasi agar kedepan lebih baik,” janjinya.

 

Hal senada juga disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Manggar, Widagdo, SH. Sebagai unsur Forkominda Beltim, Kejaksaan berharap Pemilukada lebih berkualitas dan mengacu pada prinsip demokratis. Sehingga pemimpin yang dihasilkan akan memiliki integritas dan kapabilitas yang memadai.

 

“Saya berharap, partai politik pengusung maupun pasangan calon santun dan bertanggungjawab serta tidak mengganggu ketertiban umum termasuk dalam berlalu lintas,” ujar Widagdo.

 

Selain itu, pasangan calon diminta berkompetisi dengan aman dan tidak melakukan tindakan yang menghalalkan segala cara dan melanggar peraturan perundang-undangan.

 

“Kepada seluruh PNS, termasuk saya tidak ikut berpolitik dan memposisikan diri netral. Saya mengajak masyarakat untuk mengikuti Pemilukada dan menggunakan hak pilihnya sesuai pilihan masing-masing,” serunya.

 

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kepulauan Bangka Belitung, Zul Terry Apsupi yang juga diundang mengaku, salut kepada Kapolres Beltim beserta jajaran yang berinisiatif mengadakan kegiatan silaturahim. Bahkan, berdasarkan pantauan dari seluruh Bawaslu se-Indonesia, langkah Polres Beltim dianggap sebagai gagasan yang baik.

 

“Ini satu gagasan yang baik, demokrasi jalan membangun peradaban. Bukan tempat cekcok, hasut dan saling jegal. Kalau terjadi itu artinya hanya mengejar kekuasaan. Kekuasan hanya satu alat membangun peradaban,” katanya. (feb)