Kapolsek Kelapa Kampit: Protokol Kesehatan Harus Jadi Gaya Hidup

by -
Kapolsek Kelapa Kampit: Protokol Kesehatan Harus Jadi Gaya Hidup
Anggota Polsek Kelapa Kampit menyetop salah pengendara guna mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19.

belitongekspres.co.id, KELAPA KAMPIT – Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan penyebaran Covid-19, Kapolsek Kelapa Kampit AKP Sukimin memberikan surat teguran kepada warga yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

“Tujuan kami melakukan penyetopan kendaraan dan memberikan peringatan kepada masyarakat, selain untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar taat dalam berlalu lintas, juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait masih masifnya pandemi Covid-19,” terang AKP Sukimin, Kamis (4/6).

Selain itu, dia berharap agar masyarakat disipin tinggi menggunakan masker saat diluar rumah, dan selalu jaga jarak antar sesama. “Hal ini kami lakukan sebagai edukasi kepada masyarakat agar tidak mengulangi lagi keluar tanpa memakai masker. Mereka yang tidak menggunakan masker kami beri masker supaya bisa dipakai saat keluar rumah,” ungkapnya.

Lebih jauh AKP Sukimin menjelaskan, penggunaan masker sangat penting. Sebab, saat ini masih dipandang sangat perlu sebagai salah satu upaya yang masih dinilai efektif diantara beberapa protokol kesehatan yang harus dilaksanakam dalam mencegah Covid-19. Pasalnya, virus ini bisa menyerang tubuh manusia setiap saat dan dimanapun.

“Kami akan terus melakukan ajakan-ajakan, supaya masyarakat bisa secara sadar. Dan kedisiplinan masyarakat terus meningkat dalam hal penggunaan masker untuk melindungi sesama. Apalagi sekarang sudah masuk dalam era new normal. Pemakaian masker dan protokol kesehatan lainnya ini harus dijadikan gaya hidup oleh setiap orang, supaya terhindar dari virus corona ini,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Belitung Timur AKBP Jojo Sutarjo, mengatakan tidak hanya kepada masyarakat yang menggelorakan gerakan gunakan masker. Akan tetapi untuk seluruh perwira dan anggota jajaran wajib menjadi contoh bagi masyarakat.

“Saya tidak mau kepada masyarakat terus dilakukan himbauan dan edukasi, namun justru di jajaran Polres Beltim dan Polsek malah mencontohkan yang tidak benar. Anggota harus menunjukkan kedisiplinan yang tinggi dalam hal penerapan protokol kesehatan,” tegasnya.

Sehingga kata dia, setiap anggota bisa menjadi contoh tauladan bagi masyarakat dalam era new normal. “Setiap anggota harus terus mengedukasi diri sendiri dan orang-orang disekitarnya, untuk saling mengingatkan mengenai new normal, terutama protokol kesehatannya,” katanya.

“Dengan memakai masker, physical distancing, dan cuci tangan. Namun dalam hal ini diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat jika tidak mengharuskan untuk keluar rumah, atau hanya sekedar kumpul-kumpul apa lagi dalam waktu yang lama, lebih baik dapat menahan diri dan diam di rumah,” tandasnya. (dny)

Editor: Yudiansyah