Karir Residivis Pembobol Rumah Tamat

by -

*TO Polisi ini, Dicokok Saat Melintas di Jalan Air Merbau

foto A. Chaca (tengah) tersangka tersangka kasus pencurian, saat menunjukan barang bukti di Polsek Tanjungpandan, kemarin..

Chaca (tengah) tersangka kasus pencurian, saat menunjukan barang bukti di Polsek Tanjungpandan, kemarin

TANJUNGPANDAN-Tamat sudah pertualangan Chaca Arisandi (17) warga Jalan Air Serkuk Desa Air Saga di dunia kriminal. Pelaku spesialis pencurian dengan modus membobol rumah ini, berhasil diringkus Jajaran Polsek Tanjungpandan dan Tim Buser Polres Belitung. Pria pengangguran ini berhasil diringkus saat melintas di Kawasan Air Merbau, Selasa (15/12) kemarin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres menyebutkan, pria tamatan SD ini, melakukan aksinya di kawasan Tanjungpandan sudah lima kali. Targetnya, rumah warga yang dinilai pelaku mempunyai banyak harta.

Kapolsek Tanjungpandan Kompol Andi Rahmadi membenarkan, adanya penangkapan pelaku pencurian ini. Katanya, Chaca merupakan target operasi Polres Belitung dan Polsek Tanjungpandan lantaran kasus pencurian dengan pemberatan (Curat).

Pelaku diamankan, saat salah satu anggota buser melihat adanya tersangka saat melintas di TKP. Mengetahui hal ini, anggota membuntuti dan akhirnya menelepon jajaran Polsek Tanjungpandan serta anggota buser lain.

“Setelah itu, barulah pelaku diamankan dan dibawa ke Polsek Tanjungpandan. Saat ini pelaku sudah diamankan dan dilakukan pengembangan,” kata Kompol Andi Rahmadi kepada Belitong Ekspres kemarin.

Dijelaskan mantan Kasatreskrim Polresta Pangkalpinang ini, pelaku merupakan residivis kasus pencurian di Belitung. Dia sudah empat kali masuk penjara dengan kasus yang sama. Yakni, salah satunya pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

“Barang bukti saat ini yang diamankan polisi yaitu, beberapa handpone hasil curian dan juga laptop. Selain mencuri di rumah warga, pelaku juga melakukan aksinya di salah satu sekolahan di Belitung,” jelasnya.

“Pelaku melancarkan aksinya sendirian. Kami masih mengembangkan kasus ini, kita masih mencari barang-barang tersebut yang dijual pelaku ke salah satu orang yang diduga penadah,” terangnya.

Sementara itu, Chaca mengakui semua perbuatannya. Dia melakukan kejahatan itu lantaran ingin berbelanja. Sebab, pria bertato ini mengaku tidak punya uang untuk membeli barang-barang yang diinginkan.

“Sudah empat kali saya melakukan perbuatan itu. Saya sendirian, tidak ada bantuan dari orang lain. Setelah saya mendapatkan barang itu, aku langsung jual,” ujar pria yang mengaku pengangguran ini. (kin)