Kasus Covid-19 Meningkat, DPRD Belitung Minta Pelanggar Prokes Diberi Sanksi Tegas

by -
Kasus Covid-19 Meningkat, DPRD Belitung Minta Pelanggar Prokes Diberi Sanksi Tegas
Data Sebaran Covid-19 di Provinsi Babel per Rabu, 14 April 2021.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Meningkatnya jumlah kasus dan pasien meninggal dunia akibat Covid-19, membuat sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Belitung mendorong Pemerintah Daerah agar memberikan sanksi tegas kepada pelanggar Protokol Kesehatan (prokes).

“Kita minta Pemda memberikan sanksi secara tegas, bila perlu diberikan denda bagi yang melanggar prokes. Ini demi kebaikan bersama jika masyarakat masih saja lalai dan enggan menjalankan protokol kesehatan,” ujar Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Belitung Sudiyanto kepada Belitong Ekspres.

Politisi PKS tersebut juga meminta Pemerintah Daerah Belitung untuk membuat surat edaran yang ditujukan kepada pemerintah desa, kelurahan dan kecamatan untuk memberikan himbauan ke masyarakat terkait Prokes berikut sanksinya.

“Masih banyak dari kita yang kurang mematuhi prokes, serta kurang tegasnya pemerintah dalam memberikan sanksi kepada pelanggar prokes. Sehingga pengendalian virus ini menjadi sulit dan masyarakat yang terpapar semangkin bertambah,” katanya.

Dirinya juga berpesan agar tempat-tempat ibadah menyiapkan hand sanitizer dan masker guna mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Kemudian mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjalankan prokes guna kebaikan bersama. “Jadi, bagi jamaah yang lupa atau tidak memakai masker saat mau beribadah bisa diberikan masker oleh pihak mesjid setempat,” tukas Sudiyanto.

Sementara Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Belitung Junaidi Derani juga meminta Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung untuk rutin melakukan patroli protokol kesehatan.

“Tim gugus tugas harus giat melakukan patroli Prokes di masyarakat. Hal ini guna mengingatkan masyarakat serta menekan penyebaran virus Covid-19, bila perlu diberikan sanksi bagi yang melanggar,” katanya.

Ketua Fraksi Hanura tersebut merasa prihatin dengan terus bertambahnya masyarakat yang terpapar virus Covid-19. Serta belum adanya tanda-tanda penurunan yang signifikan terhadap pasien yang terpapar Covid-19.

“Kita berharap masyarakat bisa sadar akan bahaya dari Covid-19 ini. Oleh sebab itu mari sama-sama kita peduli dengan keselamatan orang lain, dengan menjaga kesehatan kita dan selalu menjalankan protokol kesehatan,” pesannya. (rez)