Kasus Penipuan dengan SKT Palsu, 2 Janda Belitung Dituntut 6 Bulan Bui

by -
Kasus Penipuan dengan SKT Palsu, 2 Janda Belitung Dituntut 6 Bulan Bui
Asmawati dan Elisa digiring ke Lapas Kelas II B Tanjungpandan, usai sidang kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dua janda Belitung yang terlibat kasus penipuan dengan SKT Palsu yakni Elisa (31) dan Asmawati (27), dituntut selama enam bulan penjara (bui). Tuntutan dibacakan JPU Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung dalam sidang di Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Selasa (9/3).

Di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpandan yang diketuai Himelda Sidabalok, JPU Kejari Belitung Jaksa Agung mengatakan, berdasarkan keterangan saksi dan bukti Elisa bersama Asmawati dinilai bersalah.

Keduanya, melanggar Pasal 378 Kitab Undang-undang Hukum Pindana (KUHP) Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Terdakwa melakukan penipuan secara bersama-sama. “Sehingga dalam ini kami menuntut Asmawati dan Elisa dengan penjara selama enam bulan. Dipotong masa tahanan,” kata Jaksa Agung di hadapan Majelis Hakim.

Mendengar tuntutan tersebut, terdakwa janda muda Asmawati dan Elisa mengakui perbuatannya. Lalu mereka berdua meminta kepada Majelis Hakim PN Tanjungpandan untukkeringanan hukuman.

Sebab, keduanya telah menjalani hukuman di balik jeruji besi Polsek Tanjungpandan hingga ke Lapas Kelas II B Tanjungpandan. Menanggapi hal itu, Jaksa Tri Agung, tetap kukuh pada tuntutannya. Yakni menuntut terdakwa kasus penipuan SKT dengan penjara enam bulan.

Sidang dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembacaan putusan, dari Pengadilan Negeri Tanjungpandan. Diberitakan sebelumnya, jika aksi komplotan kakek menipu bermodal cek palsu, beda dengan dua janda muda asal Tanjungpandan ini.

Mereka diciduk polisi karena diduga melakukan penipuan dengan menggunakan Surat Keterangan Tanah (SKT) palsu. Kedua wanita itu bernama Elisa (31) dan Asmawati (27). Elisa diringkus di kawasan Pilang, sedangkan Asmawati diamankan langsung oleh korban atas nama Jupri (44), lalu dibawa ke Polsek Tanjungpandan. (kin)