Kasus Sijuk, Erzaldi Ingin Tegakkan Hukum

by -
Kasus Sijuk, Erzaldi Ingin Tegakkan Hukum
Gubernur Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. Foto: ISTIMEWA

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman tampaknya tetap konsisten dengan ucapannya, termasuk dalam penegakan hukum kasus Sijuk. Di samping mencari solusi terbaik dalam penyelesaian kasus tersebut yang berakhir anarkis.

Kasus Sijuk sendiri menjadi peristiwa kelam Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dalam penindakan aktivitas penambangan ilegal yang merambah di kawasan lantaran. Puluhan petugas Satpol PP termasuk Wakil Gubernur Abdul Fatah menjadi korban keberingasan massa penambang yang diduga tak terima dengan penertiban saat itu.

“Solusinya seperti apa, intinya apa yang kita lakukan ini baik untuk semua, tetapi tetap kita harus menegakkan hukum,” kata Erzaldi, Rabu (11/12) kemarin.

Selain itu, ia mengungkapkan, pihaknya juga sudah memberikan pendampingan bantuan hukum kepada pihak Satpol PP yang menjadi korban kekerasan pada saat melakukan penertiban TI ilegal di kawasan itu.

“Bantuan hukum, kita sudah ada staf khusus bagian hukum kepada Pol PP kita, artinya tidak hanya bantuan hukum, karena Pol PP juga kan banyak rugi material mereka seperi handphone, uang, dan lain sebagainya hilang semua,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengaku belum mengetahui, jika penyelesaian kasus Sijuk ini akan mengarah ke perdamaian. “Saya belum tahu itu, nanti kita cek aja. Itu (aktivitas TI ilegal-red) masuk hutan lindung dan sudah menjadi perhatian dari pada Gakum (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK-red),” tukasnya. (jua)

 

Editor: Bardian