Kasus Transmisi Lokal, 1 Warga Kelapa Kampit Positif Covid-19

by -
Kasus Transmisi Lokal, 1 Warga Kelapa Kampit Positif Covid-19
Ilustrasi

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Nyonya N (49) warga Kecamatan Kelapa Kampit terkonfirmasi positif terjangkit Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan PCR Swab specimennya dikirim ke salah satu Laboratorium Swasta di Jakarta.

Berdasarkan rilis Pemda Beltim pasien Nyonya N pada awalnya melakukan pemeriksaan rapid tes dengan hasil reaktif di Tanjungpandan. Pasieb ini bukan merupakan hasil tracking dari pasien positif Covid-19 sebelumnya. Sebab, yang bersangkutan tidak pernah ada riwayat berpergian ke luar daerah tapi karena transmisi lokal.

“Ny. N adalah seorang ibu rumah tangga yang beralamat di Desa Pembaharuan Kecamatan Kelapa Kampit. Dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri dengan
pengawasan dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung Timur, karena yang bersangkutan merupakan pasien dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG),” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Beltim, Ikhwan Fahrozi dalam rilis, Senin (14/12).

Dengan adanya penambahan 1 orang yang terkonfirmasi positif itu, maka di Kabupaten Beltim jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai saat ini berjumlah 27 orang. “Dengan demikian, sampai hari ini (Senin) 24 orang sudah dinyatakan sembuh dan 3 orang masih menjalani isolasi mandiri. Adapun 3 orang tersebut adalah Ny. K, Tn. YAS dan Ny. N,” terang Sekda Beltim.

Ikhwan menyatakan virus Covid-19 semakin berdampingan di kehidupan sehari-hari. Karenanya masyarakat harus menjaga kesehatan dan melindungu diri agar terhindar dari virus Covid-19 ini. Kedisiplinan diri dalam menjaga kesehatan menjadi sangat penting mengingat bahaya dan dampak yang ditimbulkan oleh virus Covid-19 sangatlah luas.

“Saya menghimbau agar menjadi perhatian kita bersama untuk saling menjaga dan menjalankan protokol kesehatan. Jangan menganggap remeh virus ini, setiap orang tidak memiliki kekebalan tubuh yang sama, jagalah diri dan keluarga anda,” ujar Ikhwan.

Dia pun berharap masyarakat yang merasa pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 tersebut segera melaporkan diri ke Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur atau pusat layanan kesehatan masyarakat lainnya.

“Keterbukaan dan kejujuran diri sangatlah penting sehingga nantinya akan mudah mendeteksi orang-orang yang pernah berinteraksi dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19,” harap Ikhwan.

“Tak henti-hentinya kami ingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan dimanapun anda berada diantaranya untuk selalu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, jaga jarak dan jauhi tempat keramaian serta makan-makanan yang sehat dan bergizi,” imbuhnya. (msi/dny)