Kasus Vera – Briptu P Ternyata Tak Connect

by -
Kasus Vera - Briptu P Ternyata Tak Connect
AKP Naek Hutahaean menunjukkan Hasil Screening Drugs Vera, di Polres Belitung, kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sat Narkoba Polres Belitung menyatakan kasus narkoba yang menjerat Vera (31) tidak connect (berhubungan) dengan kasus yang menimpa Briptu P. Hal itu dipastikan karena, Tim Cobra sudah menelusuri keterangan Vera, tentang asal-usul barang haram tersebut.

Briptu P sebelumnya dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba oleh Propam Polda Bangka Belitung usai melakukan tes urine di Polres Belitung beberapa pekan lalu. Saat ini proses hukumnya masih berlanjut.

Sedangkan Vera diamankan Tim Cobra Polres Belitung di di Jalan Lettu Mad Daud, Tanjungpandan, Senin (3/8) lalu. Dari tangan wanita tomboy ini, polisi mengamankan barang bukti (BB) narkoba jenis sabu sebanyak 9 paket dengan berat kurang lebih 4,60 gram.

Kasat Narkoba Polres Belitung AKP Naek Hutahaean mengatakan, pihaknya telah melakukan penyidikan terhadap Vera dan menanyakan asal sabu tersebut. Apakah dalam kasus ini ada keterlibatan Briptu P?

“Berdasarkan keterangan dan barang bukti, tidak mengarah ke Briptu P. Sebab, dia mendapatkan sabu dari orang berisial PK yang berasal dari Pulau Bangka,” kata Hutahaean, kepada Belitong Ekspres, Kamis (6/8).

“Sedangkan untuk Briptu P, kami belum bisa berkomentar banyak. Sebab yang menangani kasus ini bukan dari Sat Narkoba Polres Belitung. Tapi dari Propam Polda,” sambung pria berdarah Batak itu.

Untuk perkembangan kasus Vera, saat ini masih dalam pemberkasan. Bahkan, Sat Narkoba Polres Belitung sudah mengirim Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Negeri Belitung. Kemungkinan Agustus ini sudah tahap satu.

“Untuk memastikan barang yang dimiliki Vera benar-benar sabu, kami akan mengirimkan BB tersebut untuk dilakukan uji laboratoris, di laboratorium forensik Mabes Polri,” ujar Naek Hutahaean.

Sebelum mengirim BB tersebut ke Mabes Polri, Tim Cobra juga melakukan sejumlah tes terhadap Vera. Seperti tes urine dan juga rapid test Covid-19. Untuk hasil Screening Drugs Vera, dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba. “Untuk hasil rapid test Vera, hasilnya non reaktif. Dengan hasil tersebut, Vera sudah bisa ditahan di Polres Belitung hingga tahap selanjutnya,” papar Naek.

Dia menambahkan, untuk pengembangan kasus narkoba ini berhenti di Vera. Sebab, proses transaksi narkoba tersebut, tidak bertemu langsung dengan sang bandar maupun si pemesan.

“Proses transaksinya melalui lempar melempar. Misalnya ada yang mesan barang ke Vera, lalu dia mengantar dan meletakkan di tempat yang telah ditentukan. Begitu pula dengan pengiriman barang ke Vera,” pungkasnya. (kin)