,

Kawasan Rawan Banjir di Kabupaten Belitung Dapat Perhatian Khusus

by -35 views
Kawasan Rawan Banjir Dapat Perhatian Khusus
Beberapa petugas nampak sedang melakukan pembersihan sampah yang menumpuk di bawah jembatan. (Foto: Dok/BE)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung memberikan perlakuan khusus untuk Kampung Amau, Kelurahan Kampung Damai dan Kelurahan Parit, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Perlakuan khusus tersebut diberikan, lantaran area tersebut merupakan wilayah rawan banjir dan sekarang ini sudah menjadi sorotan Pemerintah Kabupaten.

Perlakukan khusus tersebut dilakukan dengan menempatkan petugas kebersihan DLH melakukan pembersihan sampah dari hulu ke hilir, panjang bantalan sung, serta selokan yang ada di area tersebut.

“Mulai hari ini kita lakukan pembersihan selokan-selokan yang mengarah ke aliran sungai Siburik,” kata kepala Dinas Lingkingan Hidup Kabupaten Belitung, Edi Usdianto, kepada belitongekspres.co.id, Selasa (03/12) kemarin.

Pembersihan tersebut dimulai dari Simpang Jalan Anwar Aid, Jalan Sriwijaya, Jalan Madura, dan di seputaran Kampung Amau.

“Selanjutnya akan kami lakukan pembersihan di titik – titik selokan yang bermuara ke sungai siburik. Bukan hanya Kelurahan Kampung Damai dan Parit saja, termasuk area Kelurahan Paal Satu juga kami bersihkan,” jelas Edi.

Pembersihan ini dilakukan sebagai upaya memperlancar aliran-aliran air dari selokan ke sungai Siburik. Sekitar 100 orang lebih petugas kebersihan dikerahkan untuk membersihkan berbagai selokan atau drainase di Kampung Amau tersebut.

“Hal ini dilakukan untuk kontrol titik rawan dan kumpulan sampah di aliran sungai Siburik dari hulu ke hilir,” terangnya.

Kemudiannya dirinya mengajak lurah dan warga sekitar untuk melakukan gotong royong dalam membersihkan kampong.

Editor; Subrata
Reporter; Doddy Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *