KC Expres Bahari Rute Tanjungpandan- Pangkalbalam Batal Beroperasi 1 Juni

by -
KC Expres Bahari Rute Tanjungpandan- Pangkalbalam Batal Beroperasi 1 Juni
Kapal Cepat Expres Bahari. Foto istimewa.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kapal Cepat (KC) Expres Bahari 3E rute Tanjungpandan-Pangkalbalam batal beroperasi pada 1 Juni 2020. Hal itu disebabkan beratnya persyaratan yang dikeluarkan pemerintah daerah.

Salah satu persyaratan yang dinilai memberatkan yakni, penumpang harus melakukan rapid test dan karantina di hotel selama 14 hari. Bahkan untuk karantina, penumpang harus mengeluarkan dana pribadi.

Kepala Cabang PT Sakti Inti Makmur Ivan Febrianto membenarkan adanya kabar tersebut. Peryaratan yang diberikan pemerintah dinilai cukup memberatkan. Sehingga Expres Bahari memilih untuk membatalkan keberangkatan tersebut.

“Persyaratan dan ketentuan yang mahal, sehingga membuat orang yang sebelumnya memesan tiket Tujuan Pangkalpinang-Tanjungpandan akhirnya memilih mundur,” kata Ivan kepada Belitong Ekspres, Sabtu (30/5).

Sebelumnya, PT Sakti Inti Makmur mendapatkan izin dari Pemerintah Provinsi (Pempro) maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab), untuk kembali berlayar mengangkut penumpang dengan persyaratan yang ditentukan.

Seperti melakukan rapid test dan menjaga jarak sesuai protokol kesehatan. Dengan batalnya keberangkatan ini, pihak Expres Bahari belum bisa memastikan kapan akan kembali beroperasi.

Dijelaskan Ivan, sebelum dibatalkan ada sebanyak 67 calon penumpang yang telah memasan tiket dari Belitung. Dari jumlah tersebut, hanya 17 orang yang memenuhi syarat untuk berangkat.

“Kita akan kembali beroperasi sampai situasi memungkinkan. Kemungkinan setelah pandemi ini selesai. Sehingga saat berangkat, para penumpang bebas rapid test dan lain-lain,” pungkasnya. (kin)

Editor: Yudiansyah