Kebun Nanas Badau Daya Tarik Baru Wisatawan Mancanegara

by -

belitongekspres.co.id, Badau– Destinasi wisata tidak harus melulu bicara pantai, dan pulau-pulau dengan fasilitas yang kemudian disebut “wow”.

Tak mau tinggal diam dan ingin berpartisipasi dalam sektor pariwisata, Kecamatan Badau di Kabupaten Belitung berupaya membangun sektor wisata bersumber kearifan lokal.

Alhasil, konsep wisata desa yang diusung Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung mampu menarik wisatawan mancanegara ke wilayah tersebut.

Sebagaimana diketahui, Kecamatan Badau dikenal dengan kota pembuat “Parang”, yang dalam bahasa Indonesia disebut golok. Lebih tepatnya golok khas Belitung.

Namun di samping golok, Badau juga dikenal sebagai daerah penghasil buah nanas. Tak dinyana, beberapa waktu kemudian, kearifan lokal yang dibangun masyarakat Badau ini menjadi destinasi wisata.

Seperti yang terjadi baru-baru ini. Wisatawan asal Tiongkok tertarik mengunjungi perkebunan Nanas Badau pada Jumat pagi (1/11).

Dengan dipandu oleh beberapa pemuda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ume Nanas Badau, wisatawan ini diajak untuk merasakan sensasi memetik buah nanas langsung dari kebunnya.

Selain itu, wisatawan juga diajak untuk mencicipi buah nanas serta olahannya menjadi dodol nanas yang produksi oleh UMKM setempat.

(Subrata | belitongekspres.co.id)