Kejari Beltim Gelar Rakor PAKEM

by -
Kejari Beltim Gelar Rakor PAKEM
Kejari Beltim Gelar Rakor PAKEM
Suasana rakoor PAKEM, di ruang pertuan Kejari Beltim, Selasa (15/10) siang kemarin.

Di Beltim Tidak Ada Penyimpangan Aliran

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Agama Dalam Masyarakat (PAKEM). Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Kejari Beltim Widagdo, SH, MH dilaksanakan di ruang pertemuan Kejari Beltim, Selasa (15/10) kemarin.

Ikut hadir dalam Rakoor, yakni Kasi Intel Kejari Beltim Adityo, Kepala Kemenag Beltim Drs. H Masdar Nawawi, Kadindik Beltim Amrizal, Kepala Kesbangpol Beltim Herial, FKUB Beltim serta Kepala Desa se Kabupaten Beltim.

Kajari Beltim, Widagdo, SH, MH menyebutkan bahwa kegiatan itu merupakan bagian kewenangan mereka, yang diatur dalam Perja nomor 11 tahun 2015, dan Undang-undang nomor 16 tahun 2004.

“Memang kami ikut serta mengawasi aliran kepercayaan yang meresahkan masyarakat dan negara, serta ikut mencegah penyalahgunaan dan penodaan agama,” terang Widagdo lepada belitongekspres.co.id, usai Rakor PAKEM, Selasa (15/10) kemarin.

Selaku Ketua PAKEM, Widagdo menerangkan, menurut ketentuan, selain SKB Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama, rakor ini harus dilakukan secara berkala 6 bulan sekali.

“Sengaja kami undang Kepala Desa di acara ini, karena mereka garda terdepan, siapa tau ada kelompok atau aliran yang seperti itu, yang menyalahgunakan atau melakukan penodaaan terhadap agama. Sampai saat ini, kepala Desa belum melaporkan adanya indikasi terhadap itu. Masih kondusif dan aman,” tandasnya.

Begitu pula hal yang disampaikan Kepala Kemenag Beltim, H. Masdar membeberkan bahwa sejak satu tahun terakhir ini, tidak ada ditemukan penyimpangan-penyimpangan terhadap aliran keagamaan maupun aliran kepercayaan di Belitung Timur.