Kejari Kembalikan Berkas ke Polres

by -

*Dalam Kasus Perkosaan dan Pencurian dengan Tersangka Mardino alias Boby

TANJUNGPANDAN-Kejaksaan Negeri Tanjungpandan terpaksa mengembalikan berkas penyidikan (P19) kasus pemerkosaan dan pencurian dengan kekerasan (curas) dengan pelaku Mardino alias Bobby (25) yang disampaikan Polres Belitung, (20/10), lalu. Pasalnya, berkas masih dinilai belum lengkap, salah satunya soal identitas tersangka yang tak diketahui alamat maupun domisilinya. Pengembalian berkas ini dilakukan Kejari, Senin (2/11), kemarin.

Kajari Tanjungpandan Nova Elida Saragih melalui Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Tanjungpandan Anggoro SH kepada BE mengatakan, berkas tersebut sudah diterima pihak kejaksaan beberapa hari lalu. Saat ini, berkas tersebut masih dilakukan pengkajian.

“Setelah dikaji, ada beberapa hal yang belum dilengkapi. Salah satunya adalah identitas Bobby. Kita, sudah mendengar pernyataan dari pihak kepolisian, bahwa pelaku tidak memiliki identitas apapun,” ujar Anggoro.

Pihak Kejakasaan mengarahkan, agar polisi mendatangi kediaman Bobby dan meminta surat keterangan tentang pelaku. “Jika memang tidak ada, kami minta kepada pihak desa agar memberikan surat keterangan domisi dan izin tinggal sementara,” katanya.

“Guna suksesnya penuntutan, hari ini (kemarin,red) saya kembalikan berkas tersebut ke PPA Polres Belitung untuk dilengkapi. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 268 Tentang Pemerkosaan dan 365 Ayat 1 Tentang Pencurian dan Kekerasan. Total ancaman hukuman duabelas tahun penjara,” sambungnya.

Seperti diketahui, setelah kurang lebih satu setengah bulan mendekam di sel Polres Belitung, berkas tahap satu pelaku kasus pemerkosaan dan pencurian dengan kekerasan (curas) Mardino alias Bobby (25) dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Tanjungpandan, akhir Okotober lalu (20/10). Dengan diserahkannya berkas ini, Kejari akan melakukan kajian dan analisa. Sayangnya, pelaku tak memiliki identitas sehingga Kejari meminta polisi melakukan upaya pelacakan.

Seperti diberitakan Belitong Ekspres, Senin (21/9) lalu,  Hanya dalam waktu 2×24 jam, Tim Buser Polres Belitung berhasil mengamankan pelaku kasus pemerkosaan dan pencurian terhadap Bunga (30) bukan nama sebenarnya, Ibu Rumah Tangga Warga Desa Batu Itam, Jumat (18/9) siang.

Pelaku yang diketahui bernama Mardino alias Boby (25), warga Jalan Raya Tanjung Kelayang Desa Batu Itam ini, diamankan Polres Belitung di rumah kediaman saudaranya di Dendang Beltim, Minggu (20/9), dini hari.

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Belitung Brigadir Lartha SH seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, berkas sudah dikirim ke Kejaksaan Negeri Tanjungpandan, (20/10) lalu.

“Saat ini berkas tersebut diperiksa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Kita masih menunggu perintah dari JPU, apa saja kekuranggan yang harus dilengkapi. Kemungkinan, Minggu depan sudah tahap dua atau P21,” ujar Lartha kepada Belitong Ekspres, Senin (2/11) kemarin.(kin)