Kejati Janjikan Mantan Sekda Segera Ditahan

by -

PANGKALPINANG –  Kasus korupsi dana hibah yayasan Eljohn akan segera memasuki babak baru. Dimana setelah terdakwa pertama dari pihak yayasan Eljohn yakni Suyono, sudah mendapat vonis penjara 1 tahun kini giliran pihak eksektif Pemerintah Bangka Belitung yang akan mendapatkan tuntutan sama. 2 tersangka yakni mantan sekda Pemerintah Bangka Belitung, IMN dan seorang pejabat Pemprov Sa menurut kepala Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung, Agus Riswanto akan segera dilakukan penahanan.

“Kata jaksanya sudah dalam tahap pemberkasan. Berarti segera disidangkan juga, karena memang kasus-kasus lama saya harapkan segera dituntaskan. Saya pastikan kasus ini segera tuntas,” kata Agus.

Senada juga disampaikan oleh asisten pidana khusus, Ariefsyah Mulya Siregar, kalau perkara tersebut masih tetap lanjut. Dimana dalam waktu dekat akan segera dilakukan ekspos kepada pimpinan di Kejaksaan Tinggi. “Kasus itu lanjut, bentar lagi kita ekspos lalu kita sidangkan. Kita tidak akan tebang pilih,” cetus Arif.

Dalam perkara ini terdakwa Suyono dalam penyidikan serta penuntutan sudah dilakukan  penahanan oleh jaksa penuntut dan majelis hakim. Sehingga saat vonis penjara dijatuhkan Suyono  hanya tinggal menjalani sisa kurungan yang tak lama lagi akan berakhir. Seperti yang sudah diberitakan dalam  korupsi  ini pihak pemerintahan Bangka Belitung telah mengucurkan dana hibah tidak sesuai peruntukan. Dimana yayasan Eljohn yang nota benenya adalah lembaga profit  oriented yang bergerak dalam bisnis pariwisata.  Dana hibah sebesar Rp 1 Milyar tersebut  digunakan untuk kepentingan pembangunan dermaga Jeti di Parai Sungailiat. (eza)