Kejuaraan Catur Hardi Cup Dimulai

by -

MANGGAR –Kejuaraan Catur Hardi Cup 2015 dimulai. Penjabat (Pj).Bupati Belitung Timur (Beltim),Hardi membuka secara resmi kejuaraan Catur terbuka se Beltim, yang digelar di ruang pertemuan Kantor Camat Manggar, Jumat (6/11) kemarin.

“Inikan ajang memotivasi secara persaudaraan, dan menjalin silaturahmi. Saya lihat kawan kawan di sini (Beltim, red) banyak yang hobi catur. Tapi jarang dibuat pertandingan catur ini, maka dari itulah saya mengadakan kejuaraan ini,” ungkap Hardi di sela pertandingan Catur, kepada Belitong Ekspres.

Menurut Hardi, karena kurangnya even dan momen maka dari itu ia menginginkan adanya kejuaraan ini. Dan ternyata pemain dan peminatnya begitu antusias dan banyak pemain-pemain yang berkualitas.

“Saya juga kan sangat hobi catur. Dan supaya Beltim ini ramai ditambah lagi dengan adanya kejuaraan ini, mungkin akan menambah semangat baru. Kalau dirintis dari awal saya yakin ini akan berkembang, karena pecinta olahraga catur ini ternyata lumayan banyak, dan juga sangat berkualitas,” ujarnya kembali.

Hardi juga menjanjikan kemungkinan bulan Maret tahun 2016 mendatang mungkin kejuaraan akan diadakan kembali. Bukan hanya itu saja tapi semua olahraga akan digalakkan. Terutama diadakan oleh Dispora Beltim.

“Kapan lagi dan siapa lagi yang memulainya jika bukan kita. Mungkin Maret mendatang juga akan kembali kita adakan,” janji Hardi.

Kejuaraan ini juga dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari Sumpah Pemuda yang ke 78 tahun dan HUT Pemuda Pancasila di Kabupaten Beltim. Adapun peserta yang sudah mengikuti kejuaraan ini ada sebanyak 80 orang peserta.

 

Ketua Panitia penyelenggara, Samin Iskandar juga mengatakan, kejuaraan Catur ini merupakan menyambut dan merayakan hari Sumpah pemuda ke 78 tahun. Dan juga sebagai ajang silaturahmi serta ajang pencarian bakat.

“Beltim ini banyak yang berpotensi di olahraga Catur, maka dari itu dengan adanya kejuaraan ini tentunya akan membangkitkan semangat pemuda pemudi Beltim dalam hal bermain catur. Kejuaraan ini tidak dipungut biaya pendaftaran alias gratis, dan alhamdulillah pesertanya ramai dan ada sebanyak 80 peserta yang sudah mengikuti kejuaraan ini,” ungkap Samin yang juga merupakan Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Beltim.

Samin, menjelaskan kejuaraan ini diikuti oleh semua katagori Putra dan Putri, dengan syarat usia 15 tahun keatas. Ia juga mengatakan selain memperebutkan tropi panitia juga menyiapkan hadiah uang, dengan total Rp.15 juta.

“Adanya Kejuaraan ini, saya berharap akan banyak master-master muda di dunia olehraga catur, khususnya di Beltim. Ini juga sekaligus sebagai nuansa untuk bersilaturrahmi antara sesama masyarakat Beltim dalam menjalin silaturahmi,” tutup Samin. (feb)