Kejujuran Tentukan Integritas Sekolah

by -

PANGKALPINANG – Kebijakan Kemendikbud yang menetapkan Ujian Nasional (UN) bukan lagi penentu kelulusan dan sekolah yang menetukan kelulusan siswa, rawan mengalami kecurangan dari pihak sekolah.
“Tahun ini kelulusan siswa seratus persen ditentukan oleh sekolah, yaitu melalui nilai rata-rata raport dan nilai ujian sekolah (US), maka dari itu saya minta kepala sekolah serta pihak sekolahnya tidak serta merta membantu nilai siswanya,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel M.Soleh Kepada Radar Bangka, Kamis (9/3), kemarin.
Ditegaskan Soleh, kejujuran dan integritas dari sekolah masing-masing kini menjadi yang utama. Menurutnya, bukan nilai tertinggi yang bisa masuk ke dunia global, tapi orang-orang yang mempunyai integritas tinggi. Anak-anak Indonesia akan menghadapi masalah di mana-mana karena tidak menomorsatukan integritas dan kejujuran.
“Seperti tahun-tahun sebelumnya nilai tertinggi UN akan menerima penghargaan, dan sekolah-sekolah dan guru-guru yang integritasnya tertinggi pun akan menerima penghargaan,” tutupnya.(cr64)