KEK Harus Menguntungkan Rakyat

by -

*Hudarni Rani: Tak Ada Rakyat Miskin, Semua Lewat Proses

TANJUNGPANDAN-Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Bangka Belitung, Hudarni Rani menyebut, Pemerintah Kabupaten Belitung harus menyambut baik Kawasan Ekonomi Khusus (Kek) Tanjung Kelayang yang baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo.

“KEK harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Itu harus dimanfaatkan dengan benar,” kata Hudarni Rani usai sosialisasi inventarisasi materi terhadap pelaksanaan Undang-undang No 23 tahun 2014 junto Undang-undang Nomor 9 tahun 2015 terntang Pemerintah Daerah di Ruang Sidang Pemda Belitung, Rabu (30/3) kemarin.

Menurutnya Belitung beruntung ditetapkan sebagai KEK. Meski Belitung Belitung harus siap infrastruktur, misalnya jalan, listrik, dan sarana pendukung lain. Sebab, tidak gampang untuk mendapatkannya. “Daerah harus siap, jalan, listrik, tapi itu by procces (melalui proses,Red),” tukasnya.

Lalu bagaimana dorongan DPD untuk memanfaatkan KEK? Ia mengatakan, DPD tidak memutuskan,hanya menjembatani dan menyampaikan ke menteri. “Kita menggiring, kita tidak bisa memutuskannnya,” ujarnya.

Yang paling penting keberadaan KEK kata Hudarni harus memberikan efek keuntungan bagi masyarakat. “Harus menguntungkan masyarakat, kalau merugikan masyarakat jangan dong. Masyarakat itu kelompok banyak. Itu prinsip, dak ada istilah rakyat rugi,” ujarnya.

“Kalau tidak paham bisa terjadi, pasti ada satu dua orang. Misalnya dulunya dia nambang di situ, sekarang tidak boleh, ya rugi, tapi bagaimana cara agar dia (warga,Red) tidak miskin,” sambungnya. (ade)