Kelompok Tani Segera Terima Bantuan Traktor

by -

MUNTOK – Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat segera menyalurkan bantuan traktor yang diharapkan mampu meringankan anggota kelompok tani penerima dalam membiayai pengolahan lahan sawahnya. “Beberapa hari lalu kami telah menerima sebanyak lima unit traktor dari pemerintah pusat dan akan segera kami salurkan kepada calon kelompok penerima beberapa hari ke depan,” kata Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distanbunak) Kabupaten Bangka Barat Darmono, Rabu (25/11).
Ia mengatakan bantuan alat pertanian tersebut cukup membantu petani dalam mengolah pertaniannya sehingga bisa meringankan beban biaya produksi persiapan lahan. “Traktor tersebut akan digunakan untuk membajak lahan agar gembur, kami berharap dapat dimanfaatkan maksimal oleh para petani sehingga hasil produksi padi semakin meningkat,” kata dia. Ia menjelaskan lima traktor itu akan disalurkan ke kelompok petani di desa yang sudah memperoleh bantuan pencetakan hamparan sawah di daerah itu.
Menurut dia, bantuan yang masuk dalam kegiatan optimalisasi pengelolaan sawah tersebut akan disalurkan di Desa Tuik dan Kelapa, Kecamatan Kelapa, Desa Peradong, Kecamatan Simpangteritip, Desa Simpangyul, Kecamatan Tempilang, dan Desa Pebuar, Kecamatan Jebus. “Kami salurkan bantuan tersebut agar pengelolaan lahan sawah semakin baik sehingga mampu meningkatkan produksi dan produktivitas lahan sawah yang ada,” katanya. Ia mengatakan kelompok tani penerima juga telah diseleksi dan memang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut.
“Kami berharap lima desa penerima bantuan tersebut akan mampu meningkatkan produksi dan produktivitas lahan yang dimiliki sehingga mampu menjadi lumbung pangan daerah,” kata dia. Selain itu, kata dia, peningkatan produksi padi lokal juga diharapkan mampu menurunkan ketergantungan pasokan beras dari luar daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani di daerah itu. “Kami yakin sektor usaha pertanian yang masih tergolong baru di daerah ini akan semakin banyak diminati masyarakat karena memiliki nilai ekonomi cukup tinggi,” kata dia.(ant/rb)