Kelurahaan Bakal Bersihkan Sampah

by -

*Di Jalan Kenanga, Yang Melintas pun Ikut Buang Sampah

foto-B--tengah-1-sampah-di-jalan-kenanga

Sampah di Jalan Kenangan yang berserakan di jalan.
TANJUNGPANDAN-Pihak Pemerintah Kelurahan Paal Satu Kecamatan Tanjungpandan, nampaknya risih juga melihat kondisi sampah berserakan di Jalan Kenanga. Karena itu, dalam waktu dekat Pemerintah Kelurahan akan melakukan aksi bersih-bersih di lokasi dengan melibatkan Ketua RT dan warga sekitar.
Selain kegiatan bersih-bersih, pemerintah juga akan memberitahukan kepada pemilik lahan untuk dibersihkan. Lantas, setelah bersih, akan dibuat informasi larangan membung sampah di lokasi tersebut.
Lurah Pall Satu Ardianti Malviani kepada Belitong Ekspres Senin (25/4) kemarin di ruang kerjanya mengatakan, sampah di Jalan Kenanga memenuhi lokasi tanah milik seorang warga. Jadi, pihak kelurhan tidak berani kalau melakukan pembersihan di lahan tersebut tanpa izin pemilik lahan tersebut.
Menurut Ardianti, warga yang membuang sampah di lokasi Jalan Kenanga disebabkan lahan tersebut kosong. Akibatnya, warga yang lewat, begitu saja membuang sampah di lokasi. jadi, yang membung sampah tidak hanya dari warga Pall Satu.
Ardianti menjelaskan, Pihak Kelurahan sudah pernah melakukan sosialisasi untuk tidak membuang sampah sembarangan. Namun, lagi-lagi jika sudah bersih kembali ada yang membuang sampah di situ. Sedangkan untuk sampah yang berada di Jalan Kolong Air Baik juga pernah dibersihkan mengunakan alat berat. Sayangnya, lagi-lagi setelah dibersihkan, tetap saja ada yang membung sampah.
Kata Ardianti, pihaknya juga sudah pernah melakukan musyawarah bersama masyarakat sekitar Jalan Kenanga.  Kesimpulannya, tidak ada warga yang mau lokasinya dijadikan tempat pembuangan meskipun dengan penempatan truk sampah. “Alasan mereka bau yang tidak sedap,’’ tukasnya.
“Kami pengen ada truk sampah tapi tidak ada lokasi. Lantas kami menginginkan adanya truk sampah keliling di daerah kami kasihan mobil tiga roda pengangkut sampah membuang sampai ke TPA (tempat pembuangan akhir),” katanya.
Ditambahkan, nanti pihak kelurahan akan mengarahkan RT untuk melakukan kerja bakti. Lantas, memanggil pemilik lahan untuk membuat himbauan.  Lantas, dia mengiatkan untuk warga tidak membung sampah sembarangan.  Selain menimbulkan bau tidak sedap, sampah juga menjadi sarang penyakit.(mg1)