Kembangkan Pebibitan Sapi Bali

PANGKALPINANG – Balai Benih Pertanian Pelempang, Bangka Belitung (Babel) mengembangkan pembibitan sapi asli Bali, guna mendorong minat masyarakat meningkatkan usaha peternakan sapi.
“Saat ini jumlah indukan sapi Bali yang sedang dikembangkan sekitar 20 ekor dan program ini dalam rangka menjalankan swasembada daging sapi di daerah ini,” kata Kepala Balai Benih Pertanian Pelempang, Pairus, Minggu (6/9).
Ia menjelaskan pada tahun ini indukan sapi asal Bali ini akan ditambah, karena kondisi iklim daerah ini yang cukup panas cocok untuk pengembangan sapi bali ini. “Potensi pengembangan sapi Bali cukup tinggi, karena sapi jenis ini memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi dan ketersediaan padang rumput dan perkebunan sawit yang luas,” ujarnya.
Ia mengatakan pengembangan pembibitan sapi ini dilakukan secara alami dan kawin suntik, untuk meningkatkan populasi sapi di daerah ini. “Kita juga melakukan pembinaan kepada kelompok peternak sapi, bagaimana beternak sapi yang baik, menangani penyakit hingga pembinaan dalam mendapatkan sapi yang berkualitas,” terangnya.
Ia berharap dengan adanya program pembibitan sapi ini dapat meningkatkan minat petani mengembangkan ternak besar, guna meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi ketergantungan daging sapi dari luar daerah.
“Selama ini untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat, kita masih mengandalkan pasokan sapi potong dari Pulau Jawa dan Sumatera, karena ketersediaan sapi lokal masih terbatas,” tandasnya. (ant/rb)

RajaBackLink.com

Baca Juga:  Mantan Kapolda Babel Meninggal Saat Pantau Hasil Pemilu 2019
Rate this article!
Tags:
author

Author: