Kenalan di Facebook Rp. 19 Juta Melayang

OYO 399 Kelayang Beach Hotel
Kenalan di Facebook Rp. 19 Juta Melayang

Dadan Supardan, Tersangka penipuan.

Pelaku Kelabui Korban dengan Mengaku Anggota Polisi

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Masyarakat harus berhati-hati saat berkenalan di media sosial (Medos) seperti jejaring facebook dan lainnya. Kalau tidak, maka uang puluhan juta akan lenyap oleh rayuan pelaku. Peristiwa ini menimpa seorang wanita, sebut saja Mawar (35) Jumat (4/11) lalu.

Warga Jalan Sijuk gang Duren I RT 18 RW 5 Desa Air Ketekok Tanjungpandan tersebut berkenalan dengan Dadan Supardan (39), seorang pria asal Karang Tengah, Desa Herdarmana Cianjur Jawa Barat melalui Fecebook.

Baca Juga:  Peringati HUT Ke-17, Pokja Wartawan Belitung Donor Darah dan Santuni Anak Yatim

Saat itu, Dadan chatting dengan korban menggunakan pesan di Facebook. Untuk menarik perhatian Mawar, Dadan mengaku anggota Polisi yang bertugas di Mabes Polri, berpangkat Komisaris Polisi (Kompol) dan lulusan Akademi Polisi (Akpol) tahun 2000.

Bahkan, untuk meyakinkan Mawar, Dadan merupakan anggota polisi yang bertugas di Mabes Polri, di foto Profil dia menggunakan kaos polo polisi yang bertuliskan Turn Back Crime warna Biru dengan lambang Reserse.

Mawar yang pada saat itu mendapat chat tersebut, langsung tertarik dengan pelaku. Merasa cocok, lantas keduanya tukar nomor telepon, serta hari-hari berikutnya keduanya berkomunikasi dengan menggunakan seluler.

Baca Juga:  Polsek Membalong Teken MoU Pembinaan dengan 10 Kepala SD

Entah apa yang ada di benak wanita yang sudah memiliki suami ini, setelah beberapa hari kenal di dunia maya, dia langsung klepek-klepek jatuh hati dengan pelaku. Padahal korban belum pernah bertemu dengannya dan mengenali wajah Dadan.

Singkat cerita, setelah perkenalan itu, pelaku meminta sejumlah uang kepada korban dengan alasan hendak menangkap teroris di Makassar. Mawar pun langsung menuruti permintaan Dadan dengan mengirimkan uang sekitar Rp 2 juta.

Tags:
author

Author: