Kenalkan Perpustakaan Melalui Lomba Mewarnai

by -

*Peserta 208 Anak TK, Karya Mewarnai Anak Menunjukan Bakat

fto A lomba mewarnai
Ratusan anak TK saat mengikuti lomba mewarnai yang digelar Kantor Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung, Senin (30/5) kemarin.

TANJUNGPANDAN – Sebanyak 208 siswa Taman Kanak-kanakĀ  (TK) mengikuti lomba mewarnai yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung, Senin (30/5) kemarin.

Kasi Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka Septi Angraheni SE mengatakan tujuan lomba mewarnai ini untuk mengenalkan perpustakaan kepada anak. Sekilas memang tidak nyambung antara perpustakaan dengan lomba mewarnai.

Namun sesuai tema yaitu, asyiknya membaca buku di perpustakaan, siswa dikenalkan asyiknya membaca di perpustakaan. “Makanya di dalam sketsa gambar yang diwarnai, anaknya membaca buku lagi asyik,” kata Septi.

Lomba ini dalam rangka memperingati hari buku dan hari perpustakaan tanggal 17 Mei 2016 dan merupakan even tahunan. Anak diberikan waktu dua jam untuk menyelesaikan mewarnai gambar.

Juri Mewarnai, Mansyur mengatakan secara keseluruhan hasil mewarnai anak telah menunjukan bakat. Dari 208 peserta hanya dua anak saja yang masih asal.

Namun yang lainnya untuk anak TK sudah berkualitas. “Untuk anak TK yang dikirim sekolah mereka berkualitas lah. Baik teknik mewarnai, pemilihan warna, komposisi warna mereka sudah paham cukup baik,” kata Mansyur.

Melukis atau mewarnai, kata dia rahasianya cukup membuat anak bahagia. Bakat akan muncul sendiri jika anak merasa senang. Lalu pekerjaan itu dilakukan terus menerus. “Senang dari awal kemudian dia terus melakukan itu. Menurut saya bakat itu bukan karena orangtuanya ini atau itu. Tapi anaknya senang melakukan itu,” kata Mansyur.

Yang paling penting, di even seperti ini, pihak penyelenggara harus melibatkan juri yang memiliki kompeten. “Misalnya mereka yang paham seni rupa, sementara banyak kompetisi yang diadakan, penjuriannya banyak dilakukan yang tidak memiliki kualifikasi,” tukasnya.

Juri lainnya Irwan mengatakan hasil lomba mewarnai sangat luar biasa. Anak TK sudah punya kemampuan menentukan kompoisisi untuk peletakan warna. “Untuk kedepannya kalau saya secara pribadi berharap perlu ditingkatkan acara semacam ini. Biar anak termotivasi melakukan lebih dari biasanya. Even inilah untuk memacuh mereka berlatih,” ujarnya. (ade/adv)

Daftar Pemenang Lomba

Juara 1
Nama : M Sahel
Asal : TK Stania

Juara 2
Nama : Alvin Ichwan Abdila
Asal : TK Stania

Juara 3
Nama : Syaira Malika Devi
Asal : TK Perwanida

Harapan 1
Nama : Revi
Asal : TK Pertiwi

Harapan 2
Nama : Denita Sabrina Umroh
Asal : TK Stania

Harapan 3
Nama : Raina Futri Haryono
Asal : TK Perwanida