Kendaraan Pengerit BBM Tangki Modifikasi Ditilang Polisi

by -
Kendaraan Pengerit BBM Tangki Modifikasi Ditilang Polisi
Sepeda motor pengerit BBM diamankan di Mapolres Belitung, Senin (17/5).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Mengantisipasi terjadinya kebakaran mobil akibat aktivitas ngerit BBM, Polres Belitung yang terdiri dari Satreskrim dan Satlantas melakukan razia di sejumlah SPBU wilayah Tanjungpandan, Senin (17/5).

Kabag Ops Polres Belitung Kompol Poltak Purba mengatakan, dalam razia ini polisi mengamankan sebanyak 5 unit mobil tangki modifikasi dan juga 11 sepeda motor dengan model tangki yang cukup besar.

Kata dia, rencananya razia yang dilakukan Tim Gabungan Polres Belitung, juga akan terus dilakukan. Tujuannya agar peristiwa terbakarnya kendaraan seperti di kawasan Air Merbau, Tanjungpandan tidak terulang kembali.

“Razia ini ada kaitannya dengan peristiwa kebakaran beberapa waktu lalu. Apalagi videonya viral beredar di Media Sosial (medsos). Dan, razia rutin ini akan terus dilakukan hingga kondisi benar-benar kondusif,” kata Kompol Poltak kepada Belitong Ekspres.

Hasil razia kemarin, polisi mengamankan beberapa mobil dan motor. Kendaraan tersebut diamankan lantaran merubah bentuk (modifikasi) tangki BBM. Yakni seperti motor tangkinya diperbesar dan mobil dimodifikasi yang sama.

“Tujuan dirubahnya bentuk kendaraan tersebut untuk menampung, BBM yang dibeli dari SPBU. Untuk tindakan, sementara ini seluruh kendaraan dibawa ke Mapolres Belitung. Lalu untuk hukuman dilakukan penilangan,” ungkap pria Jebolan AKPOL 2007.

AKP Poltak menjelaskan, adanya razia ini juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan BBM di Belitung. Sementara dari pantauan pihak kepolisian, kondisi BBM di Belitung aman tidak ada kendala.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak membeli BBM di SPBU dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil tangki modifikasi. Itu agar peristiwa kebakaran kendaraan dapat dicegah.

“Untuk peristiwa kebakaran mobil di kawasan Air Merbau pekan lalu, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan. Untuk mobil sudah kita amankan di Mapolres Belitung. Sedangkan untuk korban saat ini kabarnya masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit,” pungkasnya. (kin)