Kepala SMK di Manggar Positif Covid-19 Punya Riwayat Bepergian ke Daerah Ini

by -
Kepala SMK di Manggar Positif Covid-19 Punya Riwayat Bepergian ke Daerah Ini
Direktur RSUD Beltim, dr Cahyo Purnomo.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Salah seorang kepala SMK di Manggar, Kabupaten Beltim terkonfirmasi positif covid-19. Awalnya, rapid test yang dilakukan kepada pasien laki-laki inisial THS (52) ini, menunjukkan hasil nonreaktif.

Namun, hasil tes swab yang dilakukan terhadap pasien yang juga merupakan warga Desa Padang, Kecamatan Manggar itu, malah menunjukkan hasil terkonfirmasi positif Covid-19.

Peristiwa itu tentunya mengejutkan para tenaga medis yang ada di RSUD Beltim, karena awalnya pasien dilayani seperti layaknya pasien demam biasa.

Pasien ini datang ke RSUD dengan gejala demam 7 hari, disertai batuk berdahak dan mual. Diketahui THS memiliki riwayat bepergian ke Palembang 1-6 Juli 2020 dan Bangka 7-9 Juli 2020.

Kepada Belitong Ekspres Direktur RSUD Beltim, dr Cahyo Purnomo mengatakan, bahwa pasien tersebut datang tanggal 15 juli 2020 lalu, kemudian kontak dengan tenaga medis.

“Jadi tenaga medis yang berkontak sudah kami isolasi di hotel. Hari ini dan besok akan dilakukan swab. Jumlahnya masih diverifikasi, saat ini ada belasan. Nanti kita swab 2 x 24 jam, malam ini dan malam besok,” kata dr Cahyo Sabtu (18/7).

Pada tanggal 15 Juli 2020, lanjut dr Cahyo, pihak RSUD Beltim melakukan rapid test dan hasilnya memang nonreaktif. Tapi gejala pasien mengarah ke Covid-19, sehingga tetap dilakukan pemeriksaan swab.

Oleh karena itu, menurut dr Cahyo memang pemeriksaan rapid test ini tidak bisa dijadikan acuan dalam pemeriksaan seseorang dinyatakan bebas dari Covid-19.

“Sekarang pasien sudah kondisi stabil, namun masih di infus, dan masih ada sedikit gejala. Pasien pernah juga berinteraksi dengan tim medis lainnya, nanti tim dinkes melakukan tracking, termasuk keluarganya,” tukasnya. (dny)