Kepergok Congkel Pintu Mobil, Maling Asal Bekasi Dihajar Massa

by -

PANGKALPINANG – Tim Gabungan Pengungkapan Kasus 3C (Curat, Curas, Curanmor) Polres Pangkalpinang kembali mengungkap kasus curat pada Sabtu (25/3). Dia adalah Morgan Freddy Sipahutar alias Edi (52), warga pendatang asal Bekasi yang menetap di Gang Makmur, Kelurahan Bukit Merapin, Kecamatan Gerunggang yang ditangkap pada dini hari sekitar pukul 02.30 WIB.

Pelaku ketahuan warga saat hendak berusaha mencongkel pintu sebuah mobil milik Amrullah (44) yang berada di Jalan Fatmawati, Gang Makmur, Kelurahan Tua Tunu, Kecamatan Gerunggang. Beruntungnya, aparat kepolisian Polsek Gerunggang yang mendapatkan laporan tersebut segera mengamankan pelaku. Bila tidak, kondisi pelaku bisa saja semakin parah lantaran menjadi bulan-bulanan massa.

“Pelaku ini tertangkap tangan oleh warga. Lalu, piket fungsi Polsek Gerunggang yang saat itu sedang bertugas, mendapatkan laporan kejadian ini langsung ke TKP. Jadi, aparat kita bersama warga mengamankan pelaku ini lalu diserahkan ke Polres Pangkalpinang,” ujar Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP M Saleh seizin Kapolres, AKBP Heru BP saat dikonfirmasi harian ini kemarin (26/3).

Kemudian, Tim 3C Polres Pangkalpinang mengembangkan kasus ini. Dari keterangan pelaku, ternyata dia sudah sebanyak 3 kali melakukan aksi pencurian. Bahkan, saat dilakukan penggeledahan di rumah kontrakkan pelaku, polisi kembali menemukan barang bukti berupa Tape DVD mobil, TV mobil, dongkrak, kunci roda, receiver TV mobil dan central lock mobil,  yang diduga merupakan barang curian. Termasuk, beberapa peralatan yang digunakan untuk mencuri pun ikut diamankan.

“Bisa dikatakan pelaku ini merupakan spesialis curat congkel mobil. Pasalnya kita dapatkan barang bukti berupa alat yang digunakan untuk mencuri yang kegunaannya untuk mencongkel mobil. Termasuk, kita juga dapatkan barang bukti yang merupakan bagian-bagian interior mobil. Pelaku sudah kita tetapkan tersangka dan masih akan kita periksa lebih lanjut,” kata Saleh. (aka)