Kepsek SMPN 3 Bantah Bikin Kuota PSB

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Diduga Ada Persaingan Karena Unsur Sekolah Favorit

TANJUNGPANDAN-Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Tanjungpandan Drs Syaiful Bahri menampik adanya tudingan dari sejumlah kalangan masyarakat terkait isu pembatasan kuota penerimaan siswa baru (PSB) di SMP Negeri 3 Tanjungpandan Belitung. Sebab, proses penerimaan siswa baru (PSB) belum dimulai, bahkan kini ujian nasional (UN) masih berlangsung.
“Rumusnya dari mana? Dan sejauh ini juga belum ada sama sekali masyarakat atau calon wali murid yang datang ke sini (sekolah,red) menemui saya,” ujar Syaiful kepada Belitong Ekspres Rabu (6/5) kemarin, di ruang kerjanya.
Syaiful juga mengakui, jika dirinya diminta dan menghadap ke pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung terkait masalah yang sama.  “Saya tadi (Rabu 6/5 kemarin, red) sudah dipanggil sama orang Dinas. Dan ditanya soal ini (pembatasan kuota PSB,red). Namun, saya bilang itu tidak ada, tidak benar,” ungkapnya.
Syaiful menegaskan, tudingan-tudingan demikian tidaklah benar. Bagaimana kita akan dapat melakukan pembatasan kuota, sedangkan PSB-nya saja belum dimulai. “Pendaftaran dan penerimaan siswa baru akan dimulai ketika pelaksanaan ujian nasional sekolah dasar telah selesai digelar,” singkatnya.
Apalagi sekarang ini, lanjut Syaiful, sistem yang akan diterapkan dalam penerimaan nantinya, bukan sistem rayon. “Jadi, artinya semua orang bisa saja masuk dan dari asal sekolah mana pun. Namun, tentu ada standar ketetapan penilaian yang sudah kami buat dan tetapkan bersama,” paparnya.
Ia menjelaskan, dalam penerimaan calon siswa itu, ada dua standar yang menjadi pertimbangan utama yakni, dari segi akademik dan non akademik. “Segi standar akademik seperti hasil ranking, bobot nilai dan hasil-hasil tes lainnya. Sedangkan, standar non akademik dinilai berdasarkan hasil dan prestasinya baik dari tingkat nasional, provinsi maupun tingkat kabupaten,” bebernya.
Menurut Syaiful, munculnya tudingan-tudingan yang di tujukan kepada lembaga pendidikan yang dipimpinnya itu, besar kemungkinan ada semacam persaingan. Pasalnya, SMP Negeri 3 Tanjungpandan adalah termasuk sebagai sekolah tervavorit di Kabupaten Belitung.  ‘Jadi, nanti kita akan buka (penerimaan siwa SMP,red) dengan daya tampung, minimal 160 siswa dari lima kelas yang terdiri dari 32 orang perkelas. Tidak boleh lewat dari jumlah itu,” bebernya.
Ia menambahkan, untuk bidang mata pelajaran yang sudah pasti akan di ujikan seperti Matematik, IPA dan Bahasa Inggris. Sedangkan, untuk bidang studi lainnya seperti bahasa indonesia dan lain-lainnya, akan diputuskan dalam hasil rapat nantinya. “Dan rencana kita juga mau buka kelas olahraga. Jadi, bagi siswa yang berprestasi, itu yang akan kita tampung untuk mengangkat nama baik sekolah,” tukasnya.(mg2)

Baca Juga:  Aparatur Desa Diberi Pelatihan Perencanaan Kepariwisataan

Rate this article!
Tags:
author

Author: