Kerawanan Sosial Menonjol, Perlu Deteksi Dini

by -

MANGGAR – Salah satu kerawanan sosial yang akhir-akhir ini menonjol di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) adalah kenakalan remaja. Penanganan masalah sosial tersebut memerlukan kesepakatan seluruh pemangku kepentingan agar masalah tidak meluas dan sulit diselesaikan.
Peran kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menjadi sangat vital dalam melakukan upaya mendeteksi dini. Kesbangpol dapat bekerjasama dengan pemangku kepentingan lain, baik secara terbuka maupun tertutup.
Beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim) telah meminta Kesbangpol memetakan potensi kerawanan sosial dan konflik yang bisa muncul kapan saja. Paling nyata adalah kenakalan remaja yang berawal dari rasa ingin tahu terhadap hal-hal negatif.
“Beberapa waktu lalu pak Wabup memang meminta Kesbangpol memetakan potensi konflik, salah satunya kenakalan remaja. Ini akan segera ditindaklanjuti dengan mengumpulkan data yang up to date (terbaru, red),” ungkap Kepala Seksi Kesbang F. Arkhodita Toer, SE, Selasa (15/3) kemarin.
Menurut pria yang akrab disapa Iwan, data sangat penting agar pimpinan dapat merumuskan kebijakan yang tepat. Mengetahui akar masalah kerawanan sosial akan memudahkan penyelesaian sebelum meluas dan sulit dikendalikan.
“Dengan harapan beliau bisa membaca peta kerawanan untuk kemudian membuat kebijakan atas konflik,” sebutnya.
Iwan juga mengatakan, perlunya komitmen bersama antar instansi terutama vertikal. Sehingga konflik yang lebih besar dapat diredam sebelum menjadi sulit diatasi. (feb)