Kesadaran Reklamasi Masih Minim

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Rakor Kurang Memuaskan, Hanya 40 Pemegang IUP yang Hadir

MANGGAR -Rapat koordinasi (Rakor) reklamasi pasca tambang, di ruang rapat Bupati Beltim, Rabu (18/2), dirasakan kurang memuaskan. Pasalnya Rakor tersebut tanpa kehadiran Bupati Belitung Timur (Beltim) Basuri T Purnama.
Wakil Bupati Beltim, Zarkani Mukri yang membuka Rakor itu, menyampaikan permintaan maaf tidak hadirnya Bupati karena sedang dinas luar daerah. Karena itu, Zarkani ingin rapat ini kembali digelar pada waktu yang belum ditentukan.

banner 1200x200

Rapat reklamasi yang mengkedepankan BTP (Berikan, Teruskan dan Pinjamkan) itu, seharusnya dihadiri kepala daerah Kabupaten Beltim.

“Memang kita akui kesadaran Pemegang IUP (Izin Usaha Pertambangan) di wilayah Kabupaten Beltim, terbilang masih minim melakukan reklamasi. Padahal, reklamasi tersebut merupakan suatu kewajiban perusahaan. Padahal lahan eks tambang itu bisa berkelanjutan untuk dimanfaatkan,” kata Zarkani.

Selama ini, menurut Wabup masih belum ada kesadaran dari perusahaan pemegang IUP untuk melakukan kewajiban itu.

“Kewajiban itu baru sebagian kecil, atau belum dilaksanakan sama sekali oleh perusahaan. Padahal ini penting dilakukan untuk kepentingan umum, maupun daerah,” ungkap Zarkani.

Ia kembali mengatakan, reklamasi ini tidak terlepas dari pemanfaatan wilayah eks tambang. Sehingga, dengan adanya reklamasi, baik yang dilakukan perusahaan swasta maupun PT Timah Tbk, lahan eks tambang tidak akan terbengkalai dan tidak menjadi lahan tidur.

“Kami minta untuk tidak di tunda-tunda lagi, kalau memang tidak ada rencana kerja lanjutannya. Kalau tidak dipinjamkan kepada pemerintah daerah untuk pemanfaatan lainnya. Seperti penanaman kayu dan kebutuhan pertanian lainnya,” ujar Zarkani.

Bukti minim kesadaran reklamasi juga bisa dilihat jumlah kehadiran perusahaan pemegang IUP di Beltim saat Rakor kemarin. Dari 70 undangan, hanya 40 perusahaan pemegang IUP yang hadir.

“Yang hadir hanya 40 perusahaan, termasuk yang mewakili. Yang kita undang 70 perusahaan,” ungkap salah satu staf DPE Beltim, sembari memperlihatkan absensi kehadiran kepada Belitong Ekspres, Rabu (18/2) usai rapat digelar. (feb)

Rate this article!
author

Author: