Kesbangpol Provinsi Babel Rapat Koordinasi

by -

TANJUNGPANDAN-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat koordinasi perencanaan badan kesbangpol se-Proinsi Kepulauan Babel tahun 2015, Rabu (25/2) kemarin,di Ruang Rapat Kantor Bupati Kabupaten Belitung.

Hadir dalam kegiatan ini, Staf ahli Gubernur Bidang Hukum dan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Babel H Sudirganto SAG, Kepala Kesbangpol Provinsi Babel Drs Sunardi MAP, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Laporan badan Kesbangpol Provinsi Babel Mega Oktarian SSI MT, Asisten I Bupati Kabupaten Belitung, Kepala Badan Kesbangpol-PB Kabupaten Belitung Ahyat, Sekertaris Kesbangpol-PB Kabupaten Belitung Sabriansyah SKM dan sejumlah Kepala/Badan Kesbangpol dan Kabupaten/kota se-Povinsi Babel beserta undangan dari pejabat SKPD terkait.

Kepala Kesbangpol Provinsi Babel Drs Sunardi MAP mengatakan, kegiatan ini merupakan program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan pada Kesbangpol Kepulauan Babel. “Indikatornya yakni, rencana kerja, tetapan kinerja dan rangkuman dokumen pelaksanaan anggaran formulir DPA-SKPD tahun anggaran 2015,” paparnya.

Sunardi menjelaskan, sejak diterbitkannya undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah yang menempatkan urusan di bidang Kesbangpol sebagai urusan pemerintahan umum. “Sehingga, hal ini membawa implikasi terhadap peran dan fungsi Badan/Kantor Kesbangpol Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/kota,” jelasnya.

Karena itu, maksud dan tujuan pelaksanaan rapat ini, kata dia, yakni untuk mengetahui pencapaian kinerja sasaran strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Badan/Kantor Kesbangpol se-Provinsi Babel.

‚ÄúSelain sebagai acuan untuk merencanakan kegiatan prioritas bersama khususnya dalam perencanaan kinerja di tahun mendatang sesuai isu strategis nasional, juga sebagai bukti akuntabilitas kepada publik atas penggunaan sumber daya dalam rentang waktu satu tahun,” ungkapnya.

Sunardi berharap dengan adanya rapat koordinasi ini, para stake holder kedepannya bisa menghasilkan rekomendasi bagi arah Badan/Kantor Kesbangpol se-Provinsi Babel. “Terutama dalam perencanaan kinerja di tahun n+1 malalui kesepakatan usulan kegiatan prioritas bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga sebagai Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Laporan badan Kesbangpol Provinsi Babel Mega Oktarian SSI MT menambahkan,
jajaran Kesbangpol dalam hal ini perlu menyamakan pemahaman dan fungsi di bidang perencanaan dan pembangunan daerah.

“Sebab, kegiatan rapat koordinasi ini merupakan program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan. Dan kegiatan ini juga di targetkan selama tiga hari mulai tanggal 25-27 Februari 2015,” katanya.

Dengan begitu, sebagai ketua pelaksana. Ia berharap agar berbagai program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di masa mendatang, tidak jauh dari isu nasional. “Dan pada gilirannya dapat berhasil dengan baik serta tersusun dalam suatu perencanaan yang matang,” kuncinya.(mg2)