Kesiapan UNBK Babel Urutan 3 Nasional

by -

PANGKALPINANG– Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) siap menyambut pelaksana Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kesiapan sekolah-sekolah di Babel bahkan berada diurutan tiga secara nasional. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, M Soleh kepada wartawan baru-baru ini.

“Untuk UNBK kita Babel masuk 3 besar nasional dalam penyelenggaraan. Untuk SMP sederajat, SMA sederajat dan SMK. Khusus SMA/SMK/MA semuanya sudah berbasis komputer,” kata Soleh.

Sementara untuk sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer, lanjut Soleh bisa meminjam dari sekolah yang nanti sudah melaksanakan UNBK. Seperti SMP bisa meminjam ke SMA/SMK atau sebaliknya, SMA/SMK bisa meminjam ke SMP.

“Ada sekolah sudah memiliki fasilitas ada sekolah belum lengkap atau belum punya. Mereka ini bergabung ke sekolah-sekolah yang sudah punya, salah satunya agar sekolah bisa melaksanakan ujian berbasis komputer ini bisa saling pinjam. Kalau belum punya komputer bisa pinjam karena ujian nasional berbasis komputer beda jenjang, pasti beda,” bebernya.

Ia mengatakan, pelaksanaan UNBK tingkat SMK dilaksanakan pada 3-6 April, sedangkan SMA/MA pada 10-13 April, SMP/MTS gelombang pertama pada 2-4 dan 15 Mei dan gelombang kedua pada 8-10 dan 16 Mei.

“Dalam satu hari ada 3 sesi walaupun mata pelajaran sama tapi soal beda. Komputer siapkan variatif diatasi 1000 soal tidak mungkin ada kebocoran,” tukasnya. (fiz)