Ketua Asita Belitung Minta Maaf, Grand Hatika & Hotel Santika Masih Beroperasi

by -
Ketua Asita Belitung Minta Maaf, Grand Hatika & Hotel Santika Masih Beroperasi
Seorang tamu sedang membersihkan tangan dengan hand sanitizer di pront office Grand Hatika Hotel, Kamis (2/4) kemarin.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Kabupaten Belitung Iwan, meminta maaf atas ketidakvalidan data yang diberikan ke Belitong Ekspres, Rabu (1/4) lalu.

Saat itu, dia memberikan informasi sejumlah hotel tutup lantaran faktor dampak virus Corona atau Covid-19. Seperti Grand Hatika dan Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung. Namun faktanya kedua hotel tersebut hingga saat ini masih beroperasi.

“Kami meminta maaf atas kesalahan data yang kami kirim kemarin. Sebab, kami hanya mendengar tanpa mengkroscek secara langsung,” kata Iwan kepada Belitong Ekspres, Kamis (2/4) kemarin.

Sementara itu, Front Office Manager Grand Hatika Hotel Ardika Satiya mengatakan, dia membantah adanya kabar hotel tempat dia bekerja tutup. Menurutnya hingga saat ini Grand Hatika masih tetap buka. “Sampai saat ini kita masih buka seperti biasa,” kata Ardika Satiya ketika ditemui Belitong Ekspres.

Meski begitu, tetap mengikuti arahan dari pemerintah. Yakni menerapkan physical distancing pada saat resepsionis melayani tamu dengan jarak minimal satu meter, serta menyediakan hand sanitizer.

“Tidak hanya itu, pada saat tamu akan menginap ke hotel, maka kamar yang akan ditempati tamu akan disemprot disinfektan terlebih dahulu,” kata pria asal Jawa Tengah ini.

Selain itu, untuk sarapan pihak hotel tidak menyediakan buffe (prasmanan). Hal itu dilakukan untuk menghindari gerombolan atau antrian, sehingga menyebabkan kontak satu orang dengan yang lain.

“Untuk makanan kita langsung antar ke kamar. Makanan yang kita antar kami lapisi plastik agar tetap steril. Dan untuk pelayannya yang mengantar menggunakan sarung tangan dan masker,” jelasnya.

Meski masih buka, Grand Hatika hanya melayani tamu saja. Tidak menerima agenda lain. Seperti meeting dan wedding. Sebab, kegiatan tersebut mengundang banyak orang untuk berkumpul.

“Saat ini kami berharap, pandemi corona cepat berlalu. Sehingga kondisi akan kembali pulih. Apalagi, dalam waktu dekat akan masuk Bulan Ramadan, tentunya ada banyak program,” tukas Ardika.

Hal yang sama diungkapkan Marchella El Jolla Kondo – GM Secretary & Public Relations Hotel Santika Premiere Belitung. Katanya hingga saat ini hotel tersebut masih beroperasi, meski dengan kondisi terbatas.

Jolla menjelaskan, Hotel Santika tetap buka lantaran beberapa pertimbangan. Pertama karena sudah ada yang memboking, dan  kedua lantaran lokasinya jauh dari keramaian. Serta mempertimbangkan pegawai yang bekerja.

Untuk pencegahan Covid-19, pihak hotel meminta data dan informasi serta memastikan tamu-tamu yg datang dalam kondisi sehat. Dan menyiapkan disinfektant di beberapa tempat seperti di FO (Lobby), restaurant dan rest room serta area karyawan.

“Kami juga Meningkatkan intensitas pembersihan dengan disinfektan. Seperti di tempat-tempat yang berpotensi menjadi media penyebaran virus. Pengecekan semua karyawan yang masuk hotel dan meningkatkan kedisipilinan kebersihan diri dengan selalu dan sering mencuci tangan,” tandasnya. (kin)

Editor: Yudiansyah