Ketua DPRD Beltim Minta Bantuan Lebih Tepat Sasaran

by -
Ketua DPRD Beltim Minta Bantuan Lebih Tepat Sasaran
Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja meminta pendataan penerima bantuan dampak Covid-19 benar-benar tepat sasaran. Sebab belakangan ini banyak masyarakat yang mengeluhkan tidak menerima bantuan meskipun berbagai program telah berjalan seperti BST maupun BLT.

Salah satu usulan Fezzi adalah warga proaktif melapor ke Desa tempat tinggal masing-masing. Kemudian, pihak Desa melakukan pengecekan langsung dan menjadi pertimbangan untuk masuk sebagai penerima bantuan.

“Kami inginnya warga yang tidak dapat bantuan sama sekali, laporlah ke Desa. Desa harus mengecek apakah benar tidak dapat sama sekali dan lihat kondisi mereka, itu bisa diusulkan,” ujar Fezzi, Rabu (10/6) kemarin.

Fezzi tidak ingin ada warga yang sebenarnya mampu mendapat bantuan, sementara ada warga yang benar-benar tidak mampu justru tersisihkan. “Jadi jangan sampai yang mampu dapat tapi yang benar-benar tidak mampu tidak dapat. Jadi itu di data juga dengan pengecekan,” jelasnya.

Menurut Fezzi, anggaran yang dialokasikan Pemerintah daerah untuk jaring pengaman sosial cukup besar. Hanya saja, data penerima harus benar agar tidak terjadi tumpang tindih bantuan.

“Sekarang kan memang semua maunya lapor tapi harus dicek. Ya kalau tidak dapat seyogyanya bisa dimasukkan atau disusulkan kaena anggaran kita cukup banyak. Ini saran saya,” sebutnya.

Fezzi berharap pengelolaan data penerima bantuan dibenahi terutama penyaluran jaring pengaman sosial Kabupaten yang sampai saat ini belum dikucurkan.

“Memang ini (dampak) global. Ada banyak bantuan jangan sampai tumpang tindih. Kalau memang ada yang tidak dapat sama sekali, ya kita harapkan agar bisa diberikan. Pendataan kan kita bisa berjenjang tapi peran aktif juga ada kalau memang benar-benar susah,” tandasnya. (msi)

Editor: Yudiansyah