Kik Nuje pun Akan Dapat Insentif dan Baju Kancing Lima dari Program Keminangan Pemkab Belitung

by -
Kik Nuje pun Akan Dapat Insentif dan Baju Kancing Lima dari Program Keminangan Pemkab Belitung

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pada tahap awal, pemberian insentif Program Keminangan akan dilakukan terhadap 115 dukun kampung yang ada di Kabupaten Belitung. Hal ini mengingat dukun kampung sudah memiliki kelembagaan, yakni Forum Perdukunan Adat Belitong. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung, Alwan Hadi, Sabtu (28/12/2019).

Namun demikian, ke depan, Pemkab Belitung juga akan melakukan pendataan bagi “Kik Nuje” atau pun Takmir Masjid.

“Awal taun ini akan melakukan pendataan (bagi Kik Nuje) dengan pemerintah desa, dengan terget sebanyak mungkin, untuk insentif akan lakukan pembahasan,” terangnya kepada belitongekspres.co.id.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung baru saja menggelar program Kearifan lokal dan adat istiadat sebagai inspirasi pembangunan (Keminangan) bagi tokoh masyarakat Belitung. Bentuk program ini berupa pemberian insentif bersumber dari APBD sebesar Rp 250 ribu perbulan, atau Rp 3 juta selama 1 tahun. Selain insentif, pihak pemerintah juga akan memberikan baju kancing lima dan baju batik.

 

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama