Kiprah 23 Tahun Chandra Education Center

by -

foto A- Chandra Education Center CEC

Foto: ist foto A
Sejumlah anak-anak yang terlibat dalam program Bilingual Play Group CEC.

*Buat Program Sesuai Kebutuhan Masyarakat

TANJUNGPANDAN–Dalam beberapa tahun terakhir di Belitung berdiri sejumlah lembaga pendidikan Bahasa Inggris. Namun, dari sekian banyak lembaga pendidikan atau tempat kursus ini, ternyata sudah ada lembaga pelatihan yang sudah eksis selama 23 tahun. Lembaga tersebut yakni Chandra Education Center (CEC) Tanjungpandan.
Director of Chandra Education Center, Suyirno kepada Belitong Ekspres menuturkan, CEC sudah berdiri selama 23 tahun lalu, tepatnya 15 Maret 1992 silam. “Syukurlah, sejak tahun 2013 CEC sudah terekreditasi A oleh Lembaga Akreditasi Pelatihan Kerja Jakarta, lantas tahun 2014 telah Terakreditasi Program oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Nonformal (BAN PNF),’’ ujar Suyirno di gedung CEC Jalan Diponegoro 24 Pangkallalang Tanjungpandan, kemarin.
Menurut Suyirno, Chandra Education Center telah meluluskan alumni –alumni yang berkualitas dan berkelas. Sebab, CEC terus berusaha membuat program-program pilihan agar peserta didik terus berkembang sesuai dengan kebutuhan perkembangan masyarakat dan dunia kerja maupun dunia pendidikan. “Kami menggunakan metode pelajaran seperti General English, Specific English dan juga Bilingual Play Group,’’ paparnya.
Selain itu,  CEC juga selalu berusaha meningkatkan kualitas progam pelatihan yang mampu memenuhi keterampilan yang dibutuhkan masyarakat. Lantas, CEC juga merancang sistem dan materi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia Industri dan kehidupan masyarakat modern.
Kata Suyirno, kebutuhan akan ketrampilan berbahasa tidak bisa ditunda lagi. Sebab, ke depan semua sumber daya manusia lokal harus mampu bersaing menghadapi pasar bebas Asean (MEA). “Karenanya, Chandra Education Center sudah mengantisipasinya sejak jauh hari dengan memberikan sertifikat bagi lulusan agar diakui oleh Negara,’’ jelasnya.
Saat ini CEC memiliki delapan pendidik dan tiga orang Admin. Selain memberikan pelatihan berbahasa Inggris bagi anak-anak sekolah,  CEC  juga berkerjasama dengan Disnaker dalam pelatihan Bahasa Inggris untuk kebutuhan dunia pariwisata.  “Bahasa itu penting, apalagi buat anak-anak sekolah, karena Bahasa merupakan jendela untuk melihat dunia,” pungkasnya.(mg1)