KKP Tanjungpandan Telah Siapkan Alat dan Bahan Disinfektan Jika Ada Kasus Covid-19

by -
KKP Tanjungpandan Telah Siapkan Alat dan Bahan Desinfektan Jika Ada Kasus Covid-19

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang Wilayah Kerja Tanjungpandan, Belitung, telah menyiapkan alat dan bahan disinfektan. Itu dipergunakan jika ditemukan adanya kasus atau keadaan setelah membawa pasien yang terpapar Virus Corona (Covid-19).

“Kami siap untuk disinfeksi kapal, pesawat, ambulane dan ruangan,” kata Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pangkalpinang Wilayah Kerja Tanjungpandan, Jauhari kepada Belitong Ekspres.

Adapun alat-alatnya, yaitu ULV Cold Fogging Nebulo, Mistblower Aerofog, DAF 3000, DAF 3000 Machine, Backpack Sprayer. Semua alat dan obatnya itu sudah tersedia. Menurutnya, setelah membawa pasien yang terdampak, baik pesawat atau kapal dan ambulance harus disinfeks dengan alat itu.

“Ada DAF 3000 Machine menggunakan listrik, kalau satu pesawat alat itu diletakan di depan pesawat, dihidupkan 15 menit, termasuk ambulance harus disinfeksi,” jelas Jauhari.

Selanjutnya, kata Jauhari semua alat tersebut dipergunakan jika ada kasus dan kondisi tertentu guna mengantisipasi penyebaran wabah virus tersebut. “Alat itu gunakan jika ada kasus atau kondisi tertentu, dan itu gratis,” terangnya. Alat dan bahan disinfeksi tersebut merupakan bantuan yang dikirim dari Kemenkes RI awal Januari 2020. (dod)

Editor: Yudiansyah