Klaim Registrasi e-PUPNS Tuntas 100%

by -

PANGKALPINANG – Perpanjangan Pendataan Ulang PNS (PUPNS) elektronik (e-PUPNS) resmi berakhir pada akhir April lalu. Di Kota Pangkalpinang, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pangkalpinang pun mengklaim bahwa seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Pangkalpinang sudah teregistrasi dalam e-PUPNS.
“Alhamdulilah, dari total PNS kita sebanyak 3.826 orang, 100 persen sudah teregistrasi, jadi untuk PNS Pangkalpinang saya rasa nggak ada masalah lagi, tinggal menungu hasil verifikasi dari BKN,” ungkap Kepala BKD Kota Pangkalpinang Agus Suryadi melalui Plt Kasubid Kesejahteraan, Hendi, saat ditemui Babel Pos, Kamis (12/5) kemarin, di ruang kerjanya.
Diakui Hendi, sebelumnya memang ada data beberapa PNS yang mengalami kesulitan untuk diregistrasi. Hal ini dikarenakan jaringan website BKN kerap sekali eror ketika hendak dibuka.
“Awalnya kan perpanjangan e-PUPNS ini berakhir pada Januari 2016. Nah ketika itu memang ada beberapa PNS yang masih belum terdata. Tapi BKN melakukan perpanjangan lagi hingga April, nah selama itu kita terus berupaya membantu pegawai agar teregistrasi, dan alhamdulillah sekarang semuanya sudah tuntas,” kata Hendi.
Hanya saja, diakui Hendi, sejauh ini pihaknya belum mengetahui apakah seluruh PNS tersebut sudah terverifikasi. Sebab saat ini pihaknya masih menunggu hasil verifikasi tersebut.
“Kita berharap semuanya terverifikasi, tapi jika pun nanti ngak terdaftar juga di BKN, kita akan tetap membantu hingga terverifikasi,” tegasnya.
Seperti diketahui bersama, papar Hendi, konsekuensi untuk PNS yang tidak terverifikasi E-PUPNS terancam diberhentikan atau pensiun serta tidak akan dilayani administrasi kepegawaiannya.
“PNS yang tidak mengikuti E-PUPNS 2015, otomatis pegawai bersangkutan tidak akan tercatat dalam database ASN (Aparatur Sipil Negara) Nasional di Badan Kepegawaian Negara (BKN).  Bagi PNS yang tidak mengikuti E-PUPNS, sanksinya pegawai tersebut dinyatakan berhenti bekerja atau pensiun serta tidak akan mendapatkan layanan kepegawaian,” pungkasnya. (pas)