Klaster Covid-19 di Lingkungan Pemkab Beltim Terus Bertambah

by -
Beltim Tambah 3 Kasus Covid-19, Suami Istri  PNS dan Murid SD Tertular
Sekda Beltim, Ikhwan Fahrozi

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Penyebaran Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Beltim terus bertambah. Berdasarkan siaran pers Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi Senin (8/2) kemarin, 2 ASN dan 1 tenaga kesahatan terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketiga pasien yaitu, Th AHY (24) warga Desa Lenggang Kecamatan Gantung, tenaga medis di salah satu Fasilitas Kesehatan, Ny IE (39) warga Desa Batu Penyu Kecamatan Gantung, ASN di OPD Pemkab Beltim, dan Ny I (44) warga Desa Lalang Kecamatan Manggar, juga ASN di OPD Pemkab Beltim.

“Ketiganya terkonfirmasi positif berdasarkan hasil Swab PCR di Labkesda Provinsi Babel dan masih menjalani isolasi mandiri. Dengan bertambahnya 3 orang pasien ini maka di Kabupaten Beltim keseluruhan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sampai saat ini berjumlah 195 orang,” ungkap Sekda Beltim.

Sekda Beltim merinci 181 orang sudah dinyatakan sembuh, 14 orang masih menjalani isolasi mandiri. Kemudian sampai saat ini sebanyak 101 sample swab sedang menunggu hasil pemeriksaan dari Labkesda Provinsi Babel di Pangkalpinang.

“Bagi siapa saja yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 tersebut diharapkan segera melaporkan diri ke Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Beltim, atau pusat layanan kesehatan masyarakat lainnya,” pesan Sekda Beltim.

Oleh karena itu, Ikhwan mengimbau agar masyarakat harus menjaga kesehatan dan mem-protect diri agar terhindar dari virus tersebut. Kedisiplinan diri dalam menjaga kesehatan menjadi sangat penting mengingat bahaya dan dampak yang ditimbulkan oleh virus Corona sangatlah luas.

“Saya menghimbau agar menjadi perhatian kita bersama untuk saling menjaga dan menjalankan protokol kesehatan. Jangan menganggap remeh virus ini, setiap orang tidak memiliki kekebalan tubuh yang sama, jagalah diri dan keluarga anda,” imbaunya.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memberikan dukungan moril dan tidak menciptakan stigma negatif terhadap siapa saja yang pernah dan masih terkonfirmasi Covid-19. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Beltim agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, menjaga jarak, jauhi kerumunan dan membatasi mobilitas jika tidak ada keperluan yang mendesak, serta makan-makanan yang sehat dan bergizi,” tandas Sekda Beltim. (dny)