Knalpot Racing, Tiada Ampun Bagimu1!

by -

*Polisi Gencar Lakukan Razia, Termasuk untuk Anak di Bawah Umur

TANJUNGPANDAN-Satlantas Polres Belitung nampaknya memang serius memberantas kendaraan yang tak standar, bahkan bisa mengganggu ketertiban umum. Salah satunya sepeda motor yang berknalpot racing di Belitung. Bahkan, kini bisa dikatakan tidak ada ampun bagi motor yang mengunakan kanalpot racing.
Hal tersebut dibuktikan saat Satlantas Polres Belitung melakukan razia beberapa hari terakhir ini. Puluhan kendaraan berhasil diamankan saat polisi lalu lintas melakukan razia knalpot racing di sejumlah jalan utama di Tanjungpandan, Jumat (31/7) tadi malam.
Sebanyak 17 kendaraan berhasil diamankan Satlantas Polres Belitung. Kendaraan tersebut menggunakan knalpot racing. Selain itu, target utamanya anak di bawah umur yang berkendara tidak memakai helm.
Kasatlantas Polres Belitung Iptu Eka Asmayani melalui Anggota Satlantas Ipda Lia Kamalia seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, puluhan motor sudah diamankan di Pos Kota Boulevard Satam.
Dijelaskan Ipda Lia, kegiatan ini masih merupakan tindak lanjut laporan masyarakat mengenai masalah ketertiban umum. Yakni banyaknya pengendara di Belitung menggunakan knalpot racing dan ugal-ugalan di jalan.
“Untuk kali ini, target utamanya anak di bawah umur yang tidak menggunakan helm saat melintas di jalan raya. Selain itu, juga pengendara yang menggunakan knalpot racing,” ujar Ipda Lia kepada Belitong Ekspres.
Untuk anak di bawah umur yang terkena razia, pihak polisi lalu lintas memanggil orang tuanya. Setelah itu, dibuatkan surat pernyataan dan perjanjian bahwa anaknya akan patuh berlalu lintas.

“Untuk hukuman tetap, yang menggunakan knalpot racing, motornya akan ditahan selama satu bulan. Diharapkan setelah kejadian adanya kejadian ini, tidak ada lagi pengendara yang menggunakan knalpot racing yang bising itu,” pungkasnya. (kin)