KNPI Dijadikan Organisasi Kader

by -

*Manfaat Ikut Organisasi Dirasakan ke Depan

TANJUNGPANDAN- Ketua DPD KNPI Belitung Edi Usdianto mengatakan, KNPI adalah sebuah bentuk pengkaderan pemuda. Di organisasi kepemudaan tersebut para pemuda dapat menjaring relasi atau jaringan yang luas dengan siapa saja.
“KNPI adalah merupakan wadah berkumpulnya kepemudaan yang di dalamnya ada organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan,” jelas Edi dalam acara Training Jurnalistik dan Dialog Pemuda KNPI Kecamatan Tanjungpandan Sabtu (11/4) siang pekan lalu, di
Aula Kantor Camat Tanjungpandan.
Ketua Pemuda Pancasilan Kabupaten Belitung ini dalam sambutannya juga menjelaskan banyak hal soal eksistensi KNPI di Indonesia mulai dari historisnya hingga bergesernya KNPI ke arah netralitas. “Manfaatnya memang tidak dirasakan saat sekarang ini. Tetapi nanti ke depan. Saya bisa berdiri di sini dan semua narasumber yang ada di depan kalian semua, saya yakin mereka adalah orang-orang yang memiliki basic organisasi,” ucapnya di hadapan para peserta yang terdiri dari pemuda-pemudi dan pelajar Belitung.
Pria yang menjabat sebagai Sekertaris Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Belitung ini mengakui, memang agak sedikit ada kesulitan ketika menjalankan roda organisasi KNPI di Belitung saat ini, pasca kepemimpinan sebelumnya.
“Kepengurusan sebelumnya, itu dapat kucuran dana hibah. Namun, itu no problem (tak masalah,red). Sekarang, tinggal bagaimana menjalankan roda organisasi agar tetap eksis khususnya di Kabupaten Belitung ini,” ujar pria yang akrab di sapa Edu itu.
Sebab, kata Edu, masalah kepemudaan yang marak terjadi akhir-akhir ini di Belitung seperti dekadensi moral dan lain-lainnya, sesungguhnya tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak eksekutif, legislatif dan KNPI saja.
“Semuanya adalah tanggung jawab kita bersama. Jangan hanya karena masalah keterbatasan materi, lantas mengalahkan semangat dan perjuangan kita. Apalagi sampai menghambat cita-cita kita ke depan,” pesannya.
Selain itu, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh dengan perkembangan jati diri pemuda khususnya di Belitung. Apalagi, jika tidak ditopang dengan pendidikan.  “Karena itulah, pendidikan menjadi hal yang sangat dominan dalam merubah watak dan karakter diri, mampu memfilterisasi segala hal dalam pergaulan,” terangnya.
Lanjut Edu, DPD KNPI Belitung berkomitmen sejak awal bahwa program yang ada tidak hanya tersentral di DPD KNPI. Namun, di fokuskan ke setiap pengurus-pengurus yang ada di Kecamatan juga.
“Yang DPD KNPI Belitung harapkan, selain kita memperkenalkan apa peran dan kiat-kiat pemuda, juga bisa membuka pola pikir adik-adik sebagai peserta hari ini,” ucapnya.
Dikatakannya, dengan kehadiran sejumlah narasumber dari perwakilan eksekutif dan legislatif Belitung, diharapkan kendala-kendala serta permasalahan-permasalan sosial bisa terakomodasi. “Jadi, DPD KNPI Belitung akan merekomendasikan setiap persoalan-persoalan sosial ke Pemda dan Legislatif Belitung untuk meninjau peraturan-peraturan yang ada,” tukasnya.
Sementara itu, yang menjadi narasumber dalam acara tersebut antara lain Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie, Sekertaris Dispora Kabupaten Belitung Drs Ramansyah dan Ketua DPD KNPI Belitung Edi Usdianto.
Turut hadir juga dalam acara tersebut yakni, Sekertaris Jenderal DPD KNPI Belitung Budi Prasetiyo, Wakasekjen DPD KNPI Belitung Budi Swasta Kartiman, Ketua PK KNPI Kecamatan Tanjungpandan, Pengurus dan Anggota Pemuda Pancasila Belitung, anggota DPD KNPI Belitung serta sejumlah pemuda dan pelajar SLTA/SMA Belitung. (mg2)