KNPI Futsal Cup 2021 Sempat Ricuh, Turnamen Tetap Dilanjutkan Tapi….

by -
KNPI Futsal Cup Sempat Ricuh, Turnamen Tetap Dilanjutkan
Pasca terjadinya kericuhan, suasana pertandingan Tournament Futsal KNPI Cup 2021, Kamis (28/1) sore kemarin tanpa penonton.

belitongkespres.co.id, TANJUNGPANDAN – Open Tournament Futsal KNPI Cup 2021 yang diselenggarakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Belitung memasuki babak 16 besar. Namun sayangnya pada saat pertandingan Rabu (27/1) malam sempat terjadi insiden kericuhan yang dilakukan oleh pemain dan suporter.

Menanggapi insiden perkelahian tersebut, Ketua DPD KNPI Belitung Muhammad Hafrian Fajar selaku penanggung jawab kegiatan ini mengatakan bahwa hal itu merupakan di luar dugaan mereka. Sebab, sebelum digelarnya turnamen sudah ditekankan kepada semua tim agar menjaga sportivitasnya.

“Untuk kejadian itu saya juga ikut menyaksikan secara langsung. Jujur ini di luar dari dugaan kami semua, karena sebelum dimulainya open tournamen tepatnya pada saat technikal meeting sudah ditekankan kepada setiap team untuk sama-sama menjaga ketertiban, serta menjunjung tinggi sportifitas dalam bertanding,” tegasnya, Kamis (28/1).

Kata Jarwok sapaan karibnya, ajang futsal seperti ini masih akan terus berlanjut, bukan hanya turnamen KNPI CUP saja. Oleh sebab itu, dihimbau kepada seluruh pihak terlibat untuk lebih profesional dalam bertanding, jangan sampai menyebabkan kericuhan seperti yang pernah terjadi malam kemarin.

“Olahraga ajang pengarahan kepemudaan ke hal yang positif sehingga harus ditingkatkan, jangan sampai upaya pengarahan ke hal positif jadi dampak negatif karena hanya kesalahan oknum tertentu,” tukas Jarwok yang juga menyesalkan insiden perkelahian tersebut.

Atas peristiwa tersebut kata dia, kedua belah pihak yang terlibat perkelahian sudah berdamai. Kemudian Jarwok memastikan turnamen ini akan tetap dilanjutkan, setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak.

Ditambahkan Jarwok, dengan digelarnya turnamen itu, bermaksud menyuguhkan hiburan bagi masyarakat dan memotifasi pecinta futsal karena tournamen KNPI Cup di ramaikan pemain Timnas Indonesia, pemain Liga Pro, dan pemain Pra PON Babel.

“Mari kita menjunjung tinggi profesionalitas dan sportifitas dalam berkompetisi sehingga pemuda maju untuk prestasi di kemudian hari dan mengharumkan nama daerah bahkan negara,” pungkas Jarwok.

Sementara itu, ketua panitia penyelenggara Arya menyampaikan Turnament Futsal KNPI Cup 2021 ini dilakukan sudah sesuai prosedur dan mendapatkan izin dari Satuan Gugus Tugas Covid-19 Belitung.

“Kami sudah merencanakan kegiatan ini sudah jauh hari. Dan proses perizinanpun sudah kami lakukan dari tingkat RT, Kelurahan, Kecamatan hingga Gugus Tugas Covid-19 dan sekaligus pemberitahuan kepada pihak Polres Belitung,” kata Arya kepada Belitong Ekspres, Kamis (28/1).

Dikatakan Arya, mereka menyadari betul kegiatan ini berada dalam kondisi pandemi Covid-19. Akan tetapi semangat para pemain dan teman-teman yang saling menguatkan, sehingga acara ini terlaksana tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Jaga Sportifitas dan Patuhi Prokes

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Belitung Soebagio ikut menyesalkan atas kejadian kericuhan di salah satu pertandingan Turnamen KNPI Cup 2021 itu. “Kita sayangkan dan sesalkan atas kejadian semalam,” katanya kepada Belitong Ekspres.

Meski begitu, kemudian diharapkan untuk tm-tim yang masih akan bertanding agar menjaga sportivitasnya. Untuk penontonpun demikian, diminta agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

“Event ini merupakan bagian dari program pembinaan Cabor Futsal, maka kita harapkan adanya muncul bakat-bakat pemain berpotensi untuk membawa Belitung beprestasi di tingkat lebih tinggi lagi,” harap Soebagio.

Oleh karenanya, dia juga berharap agar pemain, official, manager tetap menjaga dan menahan diri ketika melaksanakan pertandingan. Untuk penontonpun demikian, agar selalu mematuhi Prokes karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. “Mudah-mudahan dalam event ini tidak ada muncul klaster baru di Kabupaten Belitung,” tandasnya.

Polisi Tidak Keluarkan Izin Keramaian

Kabag Ops Polres Belitung Kompol Poltak Purba menegaskan pihaknya tidak pernah memberikan izin keramaian untuk Turnamen Futsal yang diadakan oleh KNPI Kabupaten Belitung.

Mengenai adanya kericuhan antar pamain dan penonton yang terjadi di GOR Tanjungpandan, Rabu (27/1) malam pihaknya sangat menyayangkan hal tersebut. Apalagi, kasus ini terjadi di tengah Pandemi.

“Kita sudah melihat langsung melalui video yang viral. Untuk kedua belah pihak yang berseteru kemarin, sudah damai dan memiliki tidak melanjutkan ke proses hukum,” kata Kompol Poltak, Kamis (28/1) kemarin.

Untuk mengantisipasi terjadinya, hal serupa Polres Belitung memanggil pihak panitia. Khususnya Ketua KNPI Kabupaten Belitung Muhammad Harfian Fajar (Jarwo). “Setelah kita panggil, lalu kita tanyai, mereka memiliki izin dari pihak terkait,” katanya.

“Untuk kelanjutan turnamen tersebut tetap digelar. Tapi tanpa penonton. Meski begitu, kita menegaskan polisi tidak pernah memberikan izin keramaian, terhadap turnamen tersebut,” tegas mantan Kapolsek Tanjungpandan ini. (dod/kin)