KNPI: Pemerintah Dituding Tak Serius

by -

*Dalam Kelola Pariwisata, Khususnya Aset Pendopo Tanjung Kelayang

foto A- tj kelayang

Pantai Tanjung Kelayang  yang terbilang masih minim aktivitas yang bernuansa pentas seni budaya.

TANJUNGPANDAN- Ketua DPD KNPI Belitung Edi Usdianto mengatakan, sektor pariwisata merupakan sektor andalan satu-satunya di Kabupaten Belitung untuk saat ini. Namun, apa yang telah diperbuat oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dalam mendorong dan menikmati pariwisata, nyatanya dinilai belum melibatkan masyarakat sepenuhnya.
“Apakah masyarakat sudah terlibat atau belum? Dan keterlibatan masyarakat sudah sejauh mana? Sehingga saat ini masih ada yang mengeluhkannya,” tanya Edu, panggilan akrab Edi Usdianto, kepada Belitong Ekspres, Kamis (16/4) di kantor KNPI Belitung,  kemarin.
Ketua Pemuda Pancasila Belitung ini mencontohkan hal sederhana seperti fasilitas yang tersedia saat ini di Tanjung Kelayang sangat cukup bagus. Sayangnya, tidak terpelihara dengan baik.  “Padahal, di Tanjung Kelayang ada UPTD yang mengelolanya dengan dana miliaran rupiah.  Seperti toilet dan panggung yang tidak dimaksimalkan fasilitasnya. Sedangkan, kita di Belitung saat ini adalah daerah destinasi pariwisata,” ujar Edu.
Edu berniat, akan memanfaatkan panggung  dan pendopo  di Tanjung Kelayang tersebut untuk digunakan sebagai pementasan seni dan budaya Belitung.  “Jadi, pada saat turis (wisatawan) datang ke Belitung, kita bisa menyuguhkan beberapa tampilan dan pagelaran budaya khas Belitong. Itu yang nanti akan kita manfaatkan,” katanya.
Pria yang akrab disapa Edu ini menyebut, Pemda melalui Dinas Pariwisata Belitung seolah terkesan tidak mampu untuk mengganggarkan fasilitas tersebut. “Padahal dengan adanya pementasan di tempat tersebut, orang bisa saja memanfaatkan dengan sambil berjualan,” ucap Edu.
Lanjut Edu, selain menampilkan sanggar seni dan budaya di tempat tersebut, juga bisa digunakan untuk menjual berbagai aneka makanan khas Belitung. Jangan dulu kita merasa berbangga jika sektor pariwisata di Belitung belum menjadi perhatian utama pemerintah.
“Gagasan  dan konsep tersebut akan diambil alih oleh DPD KNPI Belitung sebagai tematik. Dengan begitu, Pemda akan berperan aktif di dalamnya. Dan itu yang menjadi harapan bagi kita semua,” tandasnya. (mg2)