Kodim Tatam Mangrove dan Lepas Kepiting di HKM Seberang Bersatu

Penanaman Mangrove dan pelepasan bibit kepiting Rajungan yang dilakukan Kodim 0414 Belitung di HKM Seberang Bersatu, Jumat (19/7).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kodim 0414 Belitung melakukan penanaman Mangrove dan pelepasan bibit kepiting Rajungan di kawasan HKM Seberang Bersatu, Jumat (19/07). Kegiatan ini dihadiri beberapa perwakilan unsur forkopimda Kabupaten Belitung dan undangan lainnya.

RajaBackLink.com

“Hari ini kita semua dari segenap unsur forkopimda dan yang lainnya atau yang mewakili melaksanakan penanaman mangrove,” kata Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang, kepada Belitong Ekspres usai kegiatan tersebut.

Dirinya menjelaskan, adapun jumlah bibit Mangrove yang pihaknya sediakan sekitar 2500, namun proses penanamannya akan bertahap. “Di lokasi HKM sementara baru kita tatam ada 1000. Nanti akan ditanam berkelanjutan di lokasi ini,” jelasnya.

Adapun tujuan mereka melakukan penanaman Mangrove ini, karena melihat perubahan situasi dan perusakan lingkungan. Yaitu, untuk tanaman Mangrove kondisinya sekarang ini banyak diabaikan, ataupun dirusak.

Selain menanam bibit Mangrove, pada kesempatan tersebut jajaran Kodim Belitung juga melakukan penebaran bibit kepiting Rajungan di sekitar lokasi HKM Seberang Bersatu. “Bibit kepiting Rajungan yang kita sebar sebanyak 150 ekor,” kata Dandim.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini nanti bisa membantu ekosistem yaitu alam khususnya di wilayah Belitung. Kemudian juga bisa mendongkrak pertumbuhan atau perkembangan industri pariwisata khususnya di kawasan Gusong Bugis. “Selain itu, harapanya dengan adanya kegiatan ini, bisa menambah objek wisata nanti di wilayah Belitung,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas HKM Seberang Bersatu Marwandi sangat mendukung kegiatan tersebut. Sebab, hal itu adalah aksi nyata TNI AD yang peduli terhadap keberlangsungan ekosistem pesisir pantai. “Sangat mendukung kegiatan seperti tadik bang, demi keberlangsungan alam Belitong,” kata Marwandi. (dod)

author

Author: 

Leave a Reply