Komisi II DPRD Basel Kunker ke Belitung

by -

*Berbagi Ilmu Bidang Pariwisata

dprd basel ke belitung

FOTO a: ADE/BE
Dari kanan:  Kadis Pariwisata Jasagung Haryadi, Bupati Sahani Saleh Haryadi, temanten, Pjs Desa Sungaipadang Fadli, Camat Sijuk saat foto usai prosesi adat pernikahan.

TANJUNGPANDAN-Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung mendapat kunjungan kerja dari Komisi II DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (17/2) kemarin. Para wakil rakyat asal Basel ini menanyakan perihal akselerasi pariwisata Belitung. Menurut mereka, pariwisata Belitung cepat berkembang belakangan ini.
Mereka dipimpin oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan Drs Husni dan Ketua Komisi II H Surianto SH. Sejumlah hal yang ditanyakan berkaitan dengan ploting APBD, tata ruang, dan pendapatan dari sektor pariwisata.
Kepala Disparekraf Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi menanggapi, hal bahwa kemajuan pariwisata Belitung tak lepas dari banyak promosi selama ini. Dinas pariwisata lebih fokus promosi melalui website dan pemeran.
Sementara ploting dana APBD, dia mengakui tidak sampai lima persen di Disparekraf. Tapi anggaran pariwisata cukup besar tersebar di seluruh SKPD. “Walaupun dinas pariwisata kecil tetapi dinas-dinas bahkan masyarakat mendukung pariwisata,” kata Jasagung menanggapi pertanyaan rombongan Basel.
Sementara urusan tata ruang dijelaskan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung Hermanto. Ia menjelaskan salah satunya mengenai hutan kemasyarakatan (hkm). Sejauh ini di Belitung sudah ada tiga hkm, yaitu bukit paramon, gunung tajam, dan hkm di Juru Seberang. “Kita sama pak banyak juga hutan lindung tapi kita buat hkm,” pungkas Hermanto.(ade)