Komisi IV Akan Panggil Disdik Babel, Evaluasi dan Cari Solusi PPDB 2020

by -
Komisi IV Akan Panggil Disdik Babel, Evaluasi dan Cari Solusi PPDB 2020
Foto ilustrasi PPDB 2020

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Komisi IV DPRD Bangka Belitung (Babel) mengakui banyak orangtua siswa kebingungan dengan sistem daring atau online pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020. Demikian ini disampaikan anggota Komisi IV DPRD Babel, Dody Kusdian kepada wartawan, Kamis (25/6) kemarin.

Ia menilai pada PPDB ini, para orangtua berpacu dengan waktu untuk mendaftarkan anaknya, sementara pemanfaatan teknologi belum sepenuhnya dipahami dengan baik oleh orang tua.

“Mungkin jadi kendala di masyarakat terutama orang tua dan siswa, saya melihat masalahnya karena kekagokan yang selama ini orang tua tidak terbiasa berhubungan secara online (daring),” kata Dody.

Selain itu, menurut Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, para orang tua juga dibingungkan dengan sistem PPDB yang menggunakan empat jalur, yakni, afirmasi, zonasi, prestasi, dan mutasi.

“Contohnya, afirmasi ini kan diawal pendaftarannya, waktunya sangat singkat, sementara sosialisasi belum sangat intens di lapangan, sehingga kemudian banyak yang tidak paham kondisi seperti itu,” ujarnya.

“Kemudian ada daerah-daerah tertentu, misalnya, Tuatunu itu dekatnya ke mana, ke SMA 1 atau SMA 3, kalau ke SMA 1 berarti mereka paling ujung, hari ini banyak masyarakat Tuatunu itu protes, anak mereka secara zonasi tidak dapat karena paling jauh,” sambungnya.

Oleh karena itu, kendala-kendala tersebut perlu disikapi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Babel untuk mencari solusi yang tepat terhadap para orang tua.

“Ini (Dinas Pendidikan-red) akan kita panggil, akan kita komunikasikan, jangan sampai nanti bertumpuk masalahnya, apalagi menyebabkan anak-anak tak bisa melanjutkan pendidikannya karena gagal saat mendaftar,” katanya. (jua)

Editor: Yudiansyah