Komisioner KPUD Bakal Istirahat

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Jika Parpol Ditunjuk Sebagai Penyelenggara Pilkada

MANGGAR – Jika partai politik (Parpol) ditunjuk sebagai penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), dipastikan komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) bakal Istirahat. Sebagaimana diketahui anggota Komisi II DPR RI mengusulkan dan mewacanakan perwakilan Parpol sebagai penyelenggara, solusi atas keputusan Mahkamah Konstitusi yang memutuskan KPU bukan penyelenggara Pilkada.

Menanggapi hal itu, ketua KPUD Belitung Timur (Beltim), Pirmawan, melalui Komisioner Suro M Siregar, pihaknya belum yakin jika wacana itu akan dilaksanakan benar adanya. Pasalnya, keputusan akhir bisa diketahui jika DPR RI sudah menyetujui revisi UU Pilkada yang jadwal penetapannya setengah tanggal 18 Februari mendatang.

Baca Juga:  Kecelakaan Maut, Polisi Buru Pemilik Mobil Pickup

 

“Tanggal 18 Februari 2015 mendatang, DPR RI akan membahas penyelenggara Pilkadanya siapa. Nah setelah itu baru dapat diketahui, siapa pihak penyelenggara Pilkadanya dan kapan akan dilaksanakan secara serentak,” kata Suro kepada harian saat dihubungi Minggu (15/2) kemarin.
Menurut Suro, usulan atau wacana pelibatan Parpol sebagai penyelenggara Pilkada bukanlah hal yang baru di kancah perpolitikan Indonesia. Di zaman orde baru, parpol juga dilibatkan sebagai penyelenggara Pilkada yang tergabung dengan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Baca Juga:  Kapolda Babel Pantau Rekapitulasi di Beltim

“Intinya kita tunggu hasilnya pada 18 februari mendatang, karena pendapat orang per orang itu bukan keputusan suatu lembaga. Termasuk wacana penyelenggara Pilkada ini. Masa’ sih pendapat 1 atau 2 orang akan dianggap benar. sementara DPR RI itu kan anggotanya sekitar ratusan orang,” ujar Suro kembali menegaskan. (feb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: