Komit Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

by -

SUNGAISELAN – Plt. Bupati Bangka Tengah H. Ibnu Saleh menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan ekonomi kerakyatan. Karena sektor ini dinilai mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini diutarakan Ibnu seusai berkunjung ke kolam benih ikan Ponpes Nurul Huda Sungai Selan pada Kamis (05/01/2017) kemarin. Dalam kesempatan itu, Ibnu juga menyerahkan bantuan bibit ikan nila sebanyak 10 ribu ekor kepada Ponpes Nurul Huda tersebut.

Dikatakan Ibnu, dukungan yang diberikan oleh pihak Pemkab Bangka Tengah kepada masyarakat pedesaan sesuai dengan potensi yang ada di wilayah masing-masing. Pihak Pemkab Bangka Tengah sendiri sudah menetapkan pengembangan berbagai sektor, seperti perikanan, pertanian, perkebunan, industri kreatif dan UMKM berdasarkan potensi yang ada.  “Potensi setiap desa itu berbeda-beda. Misalnya, ada yang cocok untuk perkebunan, tapi belum tentu cocok untuk sektor lainnya. Jadi, kita akan kembangkan ekonomi kerakyatan ini,” ujarnya.

“Seperti pengembangan budidaya ikan air tawar disini (Ponpes Nurul Huda-red), kita akan support terus. Karena potensinya memang sangat baik,” sambungnya.

Ibnu mengungkapkan bantuan bibit ikan nila sebanyak 10 ekor yang diberikan kepada Ponpes Nurul Huda merupakan salah satu bentuk komitmen pihak pemerintah daerah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.  “Ini komitmen nyata kita. Jadi, bagi masyarakat yang benar-benar ingin mengembangkan potensi desanya, akan kita support,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ibnu berharap masyarakat di Bangka Tengah dapat terus melakukan inovasi dalam mengembangkan sektor UMKM sesuai dengan potensi yang ada di wilayahnya masing-masing. Misalnya di lingkungan Ponpes Nurul Huda dapat menciptakan produk UMKM dengan memanfaatkan besarnya potensi perikanan air tawar di wilayah tersebut.  “Jika sudah bisa berinovasi dengan baik, saya yakin sektor pertambangan yang selama ini dijadikan primadona oleh masyarakat, perlahan-lahan akan ditinggalkan dan masyarakat kita akan beralih ke sektor-sektor lainnya yang dinilai mampu memberikan kesejahteraan,” tandasnya.(red)